Kapolres Malang Minta Anggota Waspada Ancaman Bencana

Kapolres Malang Minta Anggota Waspada Ancaman Bencana

Kapolres Malang saat pimpin apel pagi--

MALANG, MEMORANDUM - Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana di hadapan anggota pada Senin (16/10) saat apel pagi meminta komitmen untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam menghadapi potensi bencana, serta mengoptimalkan sistem peringatan dini (early warning system).

Kapolres Malang dalam amanatnya menekankan pentingnya pemahaman bahwa early warning system bukan semata-mata perangkat teknologi. Melainkan sebuah upaya kesiapsiagaan yang mendalam untuk menghadapi berbagai potensi bencana yang dapat terjadi di wilayah Kabupaten Malang.

Pentingnya kesiapsiagaan dan kewaspadaan perlu dilakukan dalam menghadapi ancaman bencana, terutama menjelang peralihan akhir musim kemarau dan memasuki musim penghujan. Situasi cuaca yang tidak dapat diprediksi sepenuhnya memerlukan tindakan cepat dan tanggap dalam menjaga keselamatan masyarakat.

"Semua harus memastikan siap menghadapi berbagai potensi bencana alam yang dapat terjadi seperti angin puting beliung, banjir bandang, dan tanah longsor," kata AKBP Putu Kholis Aryana.

BACA JUGA:Polres Malang Kembali Salurkan Bantuan Usaha ke Keluarga Korban Kanjuruhan

Kholis menambahkan, optimalisasi sistem peringatan dini harus diupayakan dan harus koordinasi dengan berbagai instansi terkait. Seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malang dan lembaga-lembaga pemerintah yang memiliki tanggung jawab terkait dengan mitigasi bencana.

Kapolres juga menekankan pentingnya melibatkan masyarakat dalam proses ini, mengingat peran aktif masyarakat dalam memitigasi bencana menjadi sangat signifikan.

"Kerjasama dengan pihak terkait diharapkan dapat mempercepat respon dalam situasi darurat. Dengan demikian, kita dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas kita dalam melindungi masyarakat," imbuh Kholis.

Kapolres Malang juga mengingatkan seluruh personel Polres Malang untuk selalu siap siaga dan berperan aktif dalam memberikan informasi serta tindakan cepat saat menerima peringatan dini terkait potensi bencana. Hal ini, katanya, merupakan bagian dari tugas polisi dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:Polres Malang dan Polsek Jajaran Doa Bersama Peringati Setahun Tragedi Kanjuruhan

Dengan komitmen yang kuat terhadap peringatan dini dan kesiap siagaan, Polres Malang berharap dapat menjadikan masyarakat di wilayah Kabupaten Malang lebih aman dan siap menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi di masa mendatang.(kid)

Sumber: