Lima Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Pada saat ke Banyuwangi

Lima Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Pada saat ke Banyuwangi

Kawah Ijen termasuk lima destinasi wisata di Banyuwangi.--

MEMORANDUM-Banyuwangi merupakan ibu kota Kabupaten Banyuwangi yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Kabupaten Banyuwangi.

Kota ini menawarkan berbagai macam destinasi wisata populer dan wajib kamu kunjungi.

Berikut 5 destinasi wisata terpopuler di Banyuwangi yang wajib dikunjungi:

1. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang terkenal di kalangan pecinta surfing di seluruh dunia. Sebab, inilah salah satu pantai terbaik di dunia untuk surfing bagi para profesional, berkat ombak besarnya yang bergulung-gulung! Bahkan konon, ombak di Pantai Plengkung hanya kalah dari Hawaii sebagai ombak terbaik untuk surfing.

Hal ini disebabkan Pantai Plengkung memiliki ombak raksasa yang memungkinkan surfer melakukan tube riding - salah satu istilah dalam surfing ketika peselancar melaju di dalam lengkungan ombak. Enggak heran, sering digelar kompetisi surfing internasional di Pantai Plengkung, yang juga sering disebut sebagai "G-Land" oleh peselancar internasional.

2. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan adalah pulau kecil yang terlepas dari Pulau Jawa namun masih menjadi bagian dari Kabupaten Banyuwangi. Bukan hanya keindahan pulau saja yang membuat tempat ini cukup populer, namun juga karena kecepatan angin di area sekitar pulau yang konsisten di angka 20-25 knot membuat tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini terkenal sebagai area terbaik untuk bermain kiteboarding.

Selain itu, Pulau Tabuhan juga punya area snorkeling yang seru untuk dicoba, dan pasir putih yang menyenangkan untuk area bermain. 

3. Kawah Ijen

Kawah Ijen bisa dibilang merupakan tempat wisata terpopuler di Banyuwangi bagi wisatawan Indonesia. Terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kawah Ijen terkenal bukan saja karena kawah hijaunya yang menawarkan panorama indah, tapi juga pertambangan belerangnya yang ikonik.

Kawah Ijen juga memiliki fenomena unik Blue Fire atau api biru. Api biru ini adalah hasil dari terbakarnya gas sulfur yang muncul dari retakan Gunung Api Ijen yang memiliki temperatur hingga 600 derajat celcius. Api biru di Ijen ini adalah yang terbesar di dunia, dan satu lokasi lainnya di dunia yang memiliki fenomena ini hanyalah di Gunung Dallol di Ethiopia.

4. Taman Nasional Alas Purwo

Sumber: