Cuaca Panas Terik di Surabaya, Waspada Kesehatan

Cuaca Panas Terik di Surabaya, Waspada Kesehatan

Terik matahari di wilayah Pradahkalikendal, Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya. --

SURABAYA, MEMORANDUM - Sejumlah wilayah masih mengalami suhu cukup panas hingga beberapa hari terakhir, Jumat, 13 Oktober 2023. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan cuaca panas berkisar 35-37 derajat celcius. 

Fenomena cuaca ekstrem ini disebabkan ada kecenderungan peningkatan suhu akibat posisi matahari yang memasuki garis astronomis wilayah Jawa Timur. 

Dikonfirmasi Memorandum, Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, saat ini Jawa Timur masih berada pada musim kemarau. 

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem Ancam Produktivitas Budidaya Ikan di Jatim

BACA JUGA:Kenali 10 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

"Saat ini kita merasakan siang hari yang sangat panas dan terik adalah hal yang masih wajar terjadi di musim kemarau. Selain tidak adanya tutupan awan saat musim kemarau, faktor lainnya adalah karena pengaruh topografi, jenis permukaan tanah, posisi matahari dan tutupan vegetasi, " kata Teguh. 

Menurutnya pada Oktober ini akan terjadi titik kulminasim. Warga dihimbau tidak perlu khawatir sebab hal ini merupakan kejadian yang lumrah dan berulang setiap tahun.

"Suhu tertinggi pernah terjadi tahun 2021 di Surabaya yaitu 36.5 derajat celcius.  Kami himbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan, jika perlu kurangi aktivitas diluar ruangan. Jika terpaksa aktifitas diluar ruangan jangan lupa untuk menggunakan pelindung tubuh agar tidak terpapar langsung dengan sinar UV dan mengkonsumsi air putih yang cukup agar selalu terhidrasi," imbuhnya. 

Data yang dihimpun UPT BMKG dan Stie Telemerti Jawa Timur menyampaikan suhu maksimum harian di Jawa Timur pada 12 Oktober 2023 meliputi Tuban menjadi nomor urut pertama suhu panas.

Cuaca panas di Tuban maksimum 37.6 derajat celcius, Bojonegoro 36.7 derajat celcius, Jombang 36.3 derajat celcius, Nganjuk 36.1 dejarat celcius,  Kediri 36.1, Sampang 36.0 derajat celcius, Lamongan 36.0 derajat celcius, Tanggul Jember 35.8 derajat celcius, Stamet Perak 1 Surabaya 35.6 derajat celcius, Tulungagung 35.3 derajat celcius, Mojokerto 35.1 derajat celcius, Mayang Jember 35.1 derajat celcius, AWS Unida Gontor Ponorogo 35.0 derajat celcius, Stageof Malang 35.0 derajat celcius, AWAS Glenmore Banyuwangi 34.6 derajat celcius. 

Cuaca lebih panas dirasakan sejumlah warga di Surabaya. Salah seorang Umi Suci (43), warga Pakis mengatakan, cuaca Surabaya terasa lebih panas dalam satu pekan terakhir. 

"Semingguan iki Suroboyo panas poll. Neroko bocor ta iki, " kata Umi dengan logat khas Surabaya. 

Hal senada disampaikan Saputra, pekerja swasta asal Lamongan yang dindekos di Jalan Wonorejo, Surabaya.  Ia mengaku pada pukul 10.00 WIB, kondisi sudah panas terik. 

Sumber: