Rambut Rontok Semakin Parah? Mungkin Ini Penyebabnya

Rambut Rontok Semakin Parah? Mungkin Ini Penyebabnya

penyebab rambut rontok--

MEMORANDUM-Rambut rontok adalah lepasnya rambut secara berlebihan. Kondisi ini dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan, baik sementara maupun permanen.

Rambut rontok juga bisa terjadi sedikit demi sedikit atau banyak secara tiba-tiba.

Rambut rontok (hair loss) terjadi pada banyak orang, sehingga dapat mengurangi fungsi kosmetik serta perlindungannya terhadap tubuh dan kepala dari lingkungan.

Ini tidak mengancam nyawa, tapi memengaruhi kepercayaan diri bahkan dapat menjadi stressor psikologis. Rambut rontok (hair loss) adalah suatu kelainan di mana jumlah rambut lebih sedikit atau terlepas lebih banyak dari normal, dengan atau tanpa penipisan yang tampak.

Jumlah folikel rambut kepala normalnya sekitar 100.000, dan disebut sebagai kelainan jika jumlahnya hanya mencapai 50% yang berarti sekitar 50.000 helai.

Helai rambut yang jatuh atau rontok bisa menjadi kondisi yang wajar terjadi. Namun, jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, kamu perlu waspada. Sebab, bukan tidak mungkin hal tersebut muncul karena beberapa kondisi berikut ini: 

1. Keturunan: Faktor genetik dapat mempengaruhi kecenderungan rambut rontok.

2. Usia: Rambut rontok bisa menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia, terutama pada pria.

3. Gangguan hormonal: Perubahan hormon dalam tubuh, seperti selama kehamilan, menopause, atau masalah tiroid, dapat menyebabkan rambut rontok.

4. Stres: Meningkatnya tingkat stres bisa mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok.

BACA JUGA:Bosan dengan Kerontokan Rambut? Begini Cara Mengatasinya!

5. Gaya hidup dan nutrisi: Kurangnya nutrisi dan pola makan yang tidak sehat, seperti defisiensi zat besi atau protein, serta kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan, dapat menyebabkan rambut rontok.

6. Penggunaan produk rambut yang keras: Penggunaan bahan kimia atau styling yang berlebihan dapat merusak rambut dan menyebabkan rambut rontok.

7. Penyakit kulit kepala: Beberapa kondisi seperti dermatitis seboroik dan eksim kulit kepala dapat menyebabkan rambut rontok.

Sumber: