6 Gaya Hidup Sehat di Lingkungan Kerja yang Dapat Mengurangi Mager

6 Gaya Hidup Sehat di Lingkungan Kerja yang Dapat Mengurangi Mager

--

MEMORANDUM-Males gerak (Mager) atau Sedentari menjadi istilah yang populer dikalangan millenial dan generasi digital. Aktifitas ini bahkan acapkali menjadi trending topic di media sosial ketika akhir pekan atau tanggal merah tiba.

Sedentari juga dapat terjadi di lingkungan kerja bagi pegawai yang bentuk pekerjaannya di depan komputer saja.

Dokter Muhammad Soffiudin (dr.Sofi) di acara Danone Reunite yang diselenggarakan secara virtual, jumat, 11 Desember 2020 menjelaskan ada 3 Revolusi Hidup Sehat dengan 3 cara yakni Jaga Aktivitas Fisik Jangan Mager (Males Gerak), Jaga Asupan Nutrisi dan  Jaga Kesehatan Mental.

dr.Soffi menitikberatkan bagaimana individu dapat melakukan pola hidup sehat dengan aktifitas fisik tidak hanya diam ditempat duduk. Menurut dr.Soffi duduk adalah rokok baru "sitting is the new cigarette". Risiko kelamaan duduk ternyata sama saja seperti merokok.

Ada 6 gaya hidup sehat di lingkungan kerja yang dapat mengurangi mager,

Kebiasaan Mencuci Tangan Dengan Sabun dan Air Mengalir di Westafel

Cuci tangan dapat menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Namun, ada baiknya kita membiasakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) lebih merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Cara ini dapat mengurangi jumlah semua jenis kuman dan bahan kimia di tangan. 

Hand sanitizer dapat digunakan bila sabun dan air tidak tersedia. Kekurangan dari hand sanitizer ialah tidak cocok untuk tangan kotor, berminyak, dan kurang efisian untuk menghilangkan bahan kimia berbahaya.

 
cuci tangan--                    

Berjemur

Berjemur selain akan menambah jumlah langkah juga akan memberi dampak pada kesehatan tubuh kita. Studi dari Georgetown University Medical Center menunjukkan, paparan ultraviolet dari sinar matahari dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi (sel T).

               
berjemur--

Aktifitas Anda untuk mendapatkan sinar matahari ini juga bermanfaat bagi tubuh memperoleh UVB yang membantu pembentukan Vitamin D. Patut diketahui, bahwa vitamin D dapat membantu tubuh dalam penyerapan kalsium, yang merupakan zat penting untuk menjaga tulang tetap kuat. 

Sumber: