Hendak Dicuci, Ertiga Terbakar di Jember

Hendak Dicuci, Ertiga Terbakar di Jember

Mobil Suzuki Ertiga yang hangus terbakar. --

JEMBER, MEMORANDUM - Sebuah mobil Suzuki Ertiga P 1960 LM hangus terbakar di halaman garasi rumah Syamsul Arifin, warga Desa Kesilir, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten JEMBER, Senin 9 Oktober 2023, pukul 13.20 WIB.

Kapolsek Wuluhan AKP Arief Solekan mengatakan, kebakaran diduga terjadi akibat korsleting pada kabel mesin.

"Pemilik mobil, Rio, bermaksud hendak mencuci mobilnya kepada saksi Danar, pemilik usaha cuci mobil. Namun, karena posisi mobil berada di pinggir jalan dan dikhawatirkan mengganggu arus lalu lintas, saksi memindahkan mobil tersebut ke halaman garasi rumah Syamsul," kata Arief.

Sekitar beberapa menit kemudian, saksi, Mujianto, melihat muncul percikan api dan asap dari kap depan mobil. Mujianto kemudian berteriak meminta tolong kepada warga sekitar.

"Api berhasil dipadamkan dengan bantuan petugas pemadam kebakaran dari Ambulu. Namun, seluruh mesin dan sebagian dashboard mobil hangus terbakar," kata Arief.

Akibat kebakaran tersebut, pemilik mobil mengalami kerugian materil sekitar Rp 50 juta. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Kami masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran ini," kata Arief.

Menurut Kapolsek Wuluhan dugaan sementara, sumber api berasal dari korsleting kabel mesin. Hal ini didukung dengan fakta bahwa mobil tersebut dipindahkan ke halaman garasi rumah Syamsul yang lebih teduh.

Cuaca yang sangat terik juga bisa menjadi faktor pemicu kebakaran. Hal ini karena panas matahari dapat menyebabkan kabel mesin menjadi lebih cepat aus dan rentan mengalami korsleting.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran mobil, pemilik mobil harus rutin melakukan pengecekan dan perawatan mesin. Selain itu, pemilik mobil juga harus menghindari parkir mobil di bawah terik matahari. (*)

 

Sumber: