Pekerja di Pasuran Tewas Tertimpa Beton Cor

Pekerja di Pasuran Tewas Tertimpa Beton Cor

Lokasi tewasnya korban. Beton cor dan lokasi yang dipolice line.--

PASURUAN, MEMORANDUM -Seorang pekerja meregang nyawa setelah tertimpa beton cor yang ambruk di salah satu rumah di Jl Ir H Juanda Kelurahan Tapaan Kecamatan Bugul Kidul Kota PASURUAN, Kamis, 5 Oktober 2023 sekira pukul 08.45 WIB. 

Pekerja itu bernama Muchammad Dahlan (47), warga Desa Rejoslamet Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang.

Saksi warga di tempat kejadian menyebutkan, sebelum korban tewaa, ada suara seperti balok gantung penyangga bagian atas yang tedengar ambruk.

Beberapa warga yang berada di sekitar lokasi kejadian langsung berlari menghampiri asal suara, Saat warga berada di lokasi kejadian, korban sudah tertimpa beton cor.

Korban juga diketahui terjatuh dari tangga, dan beton cor menimpa tubuh korban.

"Kayak ada suara gemuruh gitu. Terus ada suara meninta tolong," kata Yuli Astutik, salah satu warga. 

Saat ditemukan warga, korban sudah terlentang..Kemudian saat dilakukan pemeriksaan oleh warga ternyata korban sudah tak lagi bernyawa.

Menurut Yuli Astutik, rumah tersebut beberapa hari sebelumnya ada pekerja yang membongkar dinding bagian depan.Kemudian rencananya mau dipasang pintu harmonika.

Pada Kamis (5/10) pagi, dua orang pekerja sedang melakukan pengeboran pada balok gantung yang terbuat dari beton cor untuk memasang panel.

Beberapa lubang sudah selesai dan akan mengebor pada bagian lain yang searah.

Kapolsek Bugul Kidul, Kompol Masykur menjelaskan terjadinya kecelakaan kerja tersebut. Diduga korban kurang kehati-hatian dalam bekerja atau juga lalai dengan tidak melihat kondisi awal balok gantung yang terbuat dari beton cor yang akan dilubangi dengan mesin bor.

"Pekerja kurang hati-hati dan waspada terhadap kekuatan balok gantung yang akan di lubangi. Meskipun terbuat dari beton cor seharusnya dilihat dulu kekuatannya," jelas Kompol Masykur.

Kepolisian dari Polsek Bugul Kidul yang datang ke lokasi kejadian langsung memasang garis polisi guna untuk kepentingan penyelidikan. .Korban yang meninggal dunia oleh warga langsung dievakuasi ke rumah sakit.

Sementara seorang pekerja lainnya,  Achmad Sidik (30), warga Seda Japanan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang juga mengalami luka. Ia dievakuasi ke IGD RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan untuk tindakan medis.

Sumber: