Satbinmas Polres Bangkalan Edukasi Satpam UTM

Satbinmas Polres Bangkalan Edukasi Satpam UTM

Personel Satbinmas Polres Bangkalan mengedukasi satpam UTM--

BANGKALAN, MEMORANDUM - Kiat Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya untuk memaksimalkan stabilitas kamtibmas di wilayah hukum terus diupayakan. 

Kali ini, patroli dialogis personel Satbinmas ke Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Desa Telang, Kecamatan Kamal.

Dipimpin Kasatbinmas Iptu Lilis Sulistijani, beberapa personel tim patroli dialogis Satbinmas menuju kampus perguruan tinggi terbesar di Pulau Madura itu, Senin, 2 Oktober 2023.

“Sesuai amanah Bapak Kapolres, Satbinmas disarankan untuk mengedukasi komunitas satpam yang bertugas di UTM,” kata Lilis, sapaan akrab kasatbinmas, Selasa, 3 Oktober 2023.

Targetnya, untuk memaksimalkan peran, fungsi, serta tanggung jawab satpam sebagai pengemban amanah petugas keamanan di kompleks kampus dengan ribuan mahasiswa tersebut.

Satpam kampus sangat welcome menerima kehadiran polisi. Kegiatan dialogis untuk berbagi saran, masukan dan harapan, dihelat penuh kekerabatan di pelataran parkir UTM.

“Kami berdialog dengan 5 satpam yang bertugas,” tandas  Lilis. 

Mengawali arahannya, Lilis dan anggota, mengingatkan bahwa UTM tergolong kawasan rawan gangguan kamtibmas. Salah satunya, sebagaimana kerap viral di media sosial (medsos),  sering  terjadi aksi 3C (curat, curas, dan curanmor) dan tindak kriminal lainnya. 

Termasuk permukiman sekitar kampus yang terdapat kos-kosan mahasiswa. 

“Makanya kami ingatkan agar teman-teman satpam jangan lengah, apa lagi alpa. Tujuannya ya untuk tangkal potensi gangguan kamtibmas,” pesan Lilis.

Awasi dengan seksama pergerakan tamu dan orang luar selain mahasiswa yang kerap keluar masuk kompleks kampus. Jika ada orang luar masuk dengan gelagat mencurigkan, segera cegat dengan cara yang sopan. Tanya KTP, serta maksud dan tujuannya masuk dan berseliweran di sekitar kampus. 

Jika menggunakan motor, jangan lupa periksa STNK, SIM dan barang bawaannya.  Jika ada barang mencurigakan, seperti bawa kunci T, sajam dan lainnya, segera lakukan pengamanan awal.

”Selanjutnya segera laporkan ke Polsi RW, atau ke Polsek Kamal. Bisa juga melapor ke Polres melalui layanan call Center 110,” jelas Lilis.

Pemeriksaan ketat serupa juga lakukan kepada setiap mahasiswa atau tamu yang akan keluar dari areal parkir. Tanya KTP, kartu mahasiswa, STNK motor dan SIM mereka.

Sumber: