Lahan Kosong 4,5 Hektare di Kertajaya Indah Regency Dilalap Api

Lahan Kosong 4,5 Hektare di Kertajaya Indah Regency Dilalap Api

Petugas berjibaku memadamkan api yang melahap lahan di kawasan Kertajaya--

Surabaya, Memorandum - Kebakaran terjadi di sebuah lahan kosong di daerah Kertajaya Indah Regency, Kamis (28/9/2023) siang. Akibat insiden itu, lahan yang dipenuhi alang-alang ludes terbakar.

Dugaan sementara, kebakaran dipicu oleh serpihan bara api yang membakar alang-alang di sekitar komplek Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Dedik Irianto menyebut, kebakaran terjadi sekitar pukul 13.51. Setelah menerima laporan itu, ia lalu berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Kami terjunkan tiga unit truk pemadam antaralain dari unit tempur pos Keputih, unit tempur pos Mulyorejo dan unit tempur dari pos Sukolilo. Pembasahan selesai dan kondusif pukul 16.40," kata Dedik.

Dari keterangan saksi, lanjut Dedik, saat itu warga mengetahui api sudah membesar dan menjalar ke sebagian alang-alang di lahan itu. Bahkan, warga sekitar juga telah berupaya memadamkan api dengan alat semprot seadanya.

Sayang, upaya itu tak berhasil, karena api terlalu besar. "Darisana, warga kemudian memutuskan untuk melaporkan kebakaran itu ke command center 112 untuk meminta bantuan" tutup Dedik.(fdn/ziz)

Sumber: