Kemenag dan FK Patuh Adakan Sertifikasi Pembimbing Haji

Kemenag dan FK Patuh Adakan Sertifikasi Pembimbing Haji

Audiensi FK Patuh Jatim dan Kemenag Jatim. (Dari kiri) H Mas Amiruddin, Kabid PHU Dr H Abd Haris Hasan, MPDi,dan Drs H Ahmad Bajuri, MAg--

Surabaya, Memorandum - Untuk meningkatkan mutu pelayanan bimbingan travel umrah dan haji khusus, Forum komunikasi travel umrah dan haji khusus (FK Patuh) Jatim bekerjasama dengan Kemenag Jatim akan mengadakan pelatihan dan sertifikasi pembimbing haji profesional pada awal Desember 2023.

Ketua FK Patuh Jatim Ahmad Bajuri mengatakan, program ini merupakan kebutuhan dan komitmen para pimpinan travel umrah dan haji khusus dalam upaya meningkatkan mutu pembinaan dan pelayanan kepada jemaah sesuai amanat UU No 8 tahun 2019 tentang penyelenggaran ibadah haji dan umrah. 

"Kami mendengar ada keluhan jemaah umrah dan jemaah haji khusus yang merasa tidak mendapatkan bimbingan dengan baik dan profesional, bahkan masih ada pembimbing yang sering menakut-nakuti jemaah," ujar Bajuri yang juga pimpinan travel umrah.

Oleh karena itu, kata Bajuri, pelatihan ini penting untuk menambah wawasan dan pemahaman mengenai fikih taysir.

"Standardisasi keilmuan pembimbing perlu diperhatikan," ujarnya.

 

KEMENAG MENDUKUNG

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Jatim Dr Abd Haris Hasan, MPDi menyatakan sangat mendukung program FK Patuh Jatim ini dan berjanji untuk menyiapkan nara sumber yang berkompeten.

"Kami menyadari, problem haji itu tidak hanya ada di haji regular. Tapi juga di haji plus dan umrah. Dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan SDM (sumber daya manusia) perusahaan travel haji dan umrah agar bisa membimbing jemaah dengan baik," ujarnya.

Ingat ya, kata Pak Haris, jumlah jemaah umrah setahun itu lebih dari 1 juta, sedangkan haji regular hanya 221 ribu. "Artinya, jumlah jemaah umrah itu lbh banyak dan pembimbingnya juga harus berkualitas," ujar Pak Kabid.

Kabid PHU Kemenag Jatim mengimbau agar seluruh PPIU dan PIHK, terutama di Jatim untuk mengikuti acara ini. "Investasi ilmu dan SDM bagi petusahaan itu tidak ada yg sia-sia. Insya Allah, barokah dan bermanfaat," katanya. 

Bendahara FK Patuh Jatim H Mas Amirudin yang mendampingi Bajuri dalam audiensi dengan Kemenag itu menyampaikan bahwa sertifikasi pembimbing haji ini bersifat terbuka untuk umum, terutama yang sudah bergelut di bidang haji dan umrah.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui whatsapp FK Patuh  08123111199 atau lewat email:[email protected] dengan melampirkan identitas diri yang masih berlaku.(mtr/ziz)

Sumber: