8 Jajan Pasar Berbahan Ketan, Semua Bikin Ngiler!

8 Jajan Pasar Berbahan Ketan, Semua Bikin Ngiler!

Jajan pasar berbahan ketan--

SURABAYA, MEMORANDUM - Jajanan pasar khas Indonesia memiliki beragam bahan dasar, salah satunya dari ketan.

Meskipun memiliki bahan dasar yang sama, setiap jajan dari ketan mempunyai rasa dan ciri khas masing-masing.

Berikut 8 jajanan pasar berbahan ketan yang lezat dan membuat Anda ketagihan:

1. Lemper
Siapa yang tidak kenal dengan Lemper? makanan ini merupakan salah satu jajanan pasar paling favorit dan mudah dijumpai sampai saat ini.

Terbuat dari ketan dan santan membuat Lemper memiliki rasa yang legit dan gurih. Umumnya Lemper diberi isian suwiran ayam bumbu atau abon.

2. Ketan susu
Jajan pasar satu ini memang terlihat sederhana, namun rasanya masih banyak digemari. Ketan yang sudah dikukus matang kemudian diberi susu kental manis dan parutan kelapa.

Saat ini ketan susu banyak dikreasikan dengan topping lain seperti meises dan bubuk kedelai. Ketan susu paling nikmat saat masih hangat.

3. Wajik
Wajik terbuat dari ketan, santan, daun pandan, dan gula merah. Seperti namanya, Wajik biasanya dipotong berbentuk belah ketupat atau jajar genjang.

4. Jadah
Jadah biasanya sering dijumpai sebagai makanan di acara lamaran, pernikahan, dan tedak siten. Tak jarang Jadah juga disantap setelah digoreng ataupun dibakar.

5. Lupis
Mirip dengan lontong, Lupis dimasak dengan dibungkus daun pisang. Setelah matang, Lupis diiris kecil lalu disiram gula merah kental dan ditaburi dengan parutan kelapa.

6. Onde-onde
Onde-onde terbuat dari tepung ketan, gula, garam, air dan vanili yang dibentuk pipih kemudian diisi dengan kacang hijau yang telah dikukus hingga matang. Adonan kemudian dibulatkan, digulingkan dengan biji wijen dan digoreng.

7. Klepon
Kue kecil berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau ini merupakan jajanan legendaris Indonesia. Rasanya yang kenyal dan manis dari isian gula merahnya membuat Klepon disukai banyak orang.

8. Rengginang
Untuk membuat Rengginang, ketan terlebih dahulu dimasak dengan bumbu lalu dicetak dan dijemur di bawah sinar matahari.

Rengginang yang sudah kering kemudian digoreng hingga mekar. Tak seperti jajan berbahan ketan lainnya yang kenyal, Rengginang menjadi camilan yang gurih dan renyah.

Itu dia 8 jajanan pasar yang berbahan dasar ketan. Sudah coba semua? Mana yang jadi favorit Anda? (*)

Sumber: