Siskamling Jadi Garda Terdepan Perkampungan

Siskamling Jadi Garda Terdepan Perkampungan

Cangkrukan kamtibmas yang digelar warga Asemrowo.--

Surabaya, Memorandum - Peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan dari ancaman ganguan kamtibmas memiliki andil yang sangat penting, Selasa, 26 September 2023. 

 

Tokoh masyarakat Asemrowo Moch Widodo mengaku setuju dengan siskamling dihidupkan kembali akan menjadi garda terdepan keamanan, kondusifitas, dan kemajuan kampung.

 

"Terus terang sangat setuju sekali siskamling dihidupkan kembali. Karena siskamling sendiri bukan hanya program kamtibmas juga, tapi siskamling merupakan tempat informasi, koordinasi, bahkan mungkin silaturahmi," kata Widodo.

 

Dengan diaktifkan kembali siskamling ini malah menjadikan momok bagi pelaku kejahatan. Lebih lebih bagi diperkampungan padat penduduk.

 

"Masalahnya giat giat seperti inilah yang sekarang harusnya dibutuhkan warga Surabaya yang mungkin semakin tergerus dengan dunia digital. Warga merasa nyaman dengan pelayanan pelayanan yang di keluarkan oleh instansi-instansi terkait," ungkapnya.

 

Widodo mengaku jika program siskamling kembali digalakkan segala bentuk ancaman ganguan ketertiban baik itu curanmor, penyakit masyarakat, hingga narkoba berangsur bisa musnah.

 

"Jika program ini benar-benar jalan di tiap RT. InsyaAllah akan mengurangi tindakan kriminal. Begitu juga dalam mengantisipasi maraknya narkoba dan saya yakin siskamling kembali menjadi garda depan di perkampungan," tegasnya.

 

Sumber: