Menangi Tawuran Cyber, 'Apa Adanya' Raih Best Atacker

Menangi Tawuran Cyber, 'Apa Adanya' Raih Best Atacker

Tim ‘Apa Adanya’ ITN Malang saat diskusi dengan dosen pendamping.--

Malang, Memorandum-Tim ‘Apa Adanya’ dari Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang meraih Best Atacker divisi keamanan siber. Pada gelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2023 tingkat nasional di Universitas Brawijaya (22-26/09/23) lalu.

 

Tim Ada Adanya, beranggotakan tiga orang mahasiswa informatika S-1. Ketiganya,  Dimas Fariski Setyawan Putra, Agil Syahlani Wahab, dan Michael Hendra Nata.

 

Saat ditemui, mereka menjelaskan, lomba tersebut layaknya seperti tawuran di dunia siber. Dengan saling membobol aplikasi sendiri maupun aplikasi lawan.

 

“Kita berhasil menyerang tim lainnya. Poinnya lebih tinggi dari tim lainnya. Kita diberi, aplikasi soal. Di setiap aplikasi itu, kita diminta membobol sistem aplikasi kita sendiri dulu. Setelah berhasil, kita lakukan defence keamanan. Kita serang tim lain kemudian. Jadi semacam tawuran di dalam cyber,” terangnya, Senin (25/09/23)

 

Gemastik bidang cyber security keamanan jaringan, lanjutnya, diikuti 200an tim dari seluruh Indonesia saat kualifikasi. Kemudian, pada final tersisa 20 tim. Kualifikasi secara online, dan finalnya di UB.

 

Untuk lomba tesebut, ia mengaku mempersiapkan sekitar 1 bulan lebih. Kemudian, gladi bersih, tiap minggu latihan.

 

"Untungnya dosen pembimbing sangat support. Memberi semangat, tempat, konsumsi, dan saran. Ya saat final kami tegang,” lanjutnya.

 

Sumber: