Sego Kikil 15 Ribu Porsi dan Tumpeng Lele di Jombang Pecahkan Rekor MURI

Sego Kikil 15 Ribu Porsi dan Tumpeng Lele di Jombang Pecahkan Rekor MURI

Bupati Jombang Mundjidah Wahab menerima piagam rekor MURI Gokil dan tumpeng ikan lele. --

Jombang, Memorandum - Rekor MURI kembali diukir Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Rekor MURI yang diinisiasi Pemkab Jombang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kali ini di bidang kuliner, yakni Sego Kikil (Gokil) atau nasi kikil dan GEMARIKAN (Gerakan Masyarakat Makan Ikan). 

 

Pelaksanaan rekor dihadiri oleh Forkopimda Jombang, kepala OPD, Sekretaris Umum PP Muslimat NU Ulfah Mashfufah, dan ribuan peserta dari Muslimat, Fatayat dan masyarakat umum ini, digelar di Alun-Alun Jombang. Rekor MURI ini yang terakhir kalinya dibawah pemerintahan Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dan Wabup Jombang Sumrambah. 

 

Sego kikil yang disiapkan warga Jombang dengan menggunakan pincuk dari daun pisang ini sebanyak 15 ribu porsi. Para peserta yang hadir dapat menikmati sego kikil dengan cara menukar kupon yang sudah deberikan oleh panitia. Selain itu juga ada Rekor Gemarikan dikemas dalam tumpeng dengan tinggi 4,2 meter sebanyak 4000 ekor. 

 

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengatakan, bahwa hari ini melakukan promosi makanan khas Jombang. Dan di daerah Mojosongo ditetapkan sebagai area sego kikil (Gokil). Agar (Gokil) mendunia, maka melakukan acara pemecahan rekor MURI dunia. 

 

"Alhamdulillah terlaksana dengan baik, sehingga kita hari ini sudah dapat MURI yang ketujuh kalinya," katanya, Sabtu (23/9/2023). 

 

Mundjidah mengungkapkan, untuk satunya adalah gemar makan ikan. Ada tumpeng raksasa ikan lele sebanyak 4000 ekor. Dengan tinggi tumpeng 4,2 meter dan lebar 8 meter. 

 

Mundjidah menjelaskan, masih ada lagi kuliner yang belum dilakukan (rekor MURI). Kalau sudah gokil ya berharap masyarakat ini, siapapun yang masuk ke Jombang pasti mencari lodeh kikil. 

 

Sumber: