Polres Pasuruan Ingatkan Pengamanan Pilkades saat Jumat Curhat

Polres Pasuruan Ingatkan Pengamanan Pilkades saat Jumat Curhat

Jumat Curhat dipusatkan di wilayah Kecamatan Pasrepan.--

 

Pasuruan, Memorandum-Polres Pasuruan kembali menggelar Jumat Curhat. Kali ini, Jumat Curhat dipusatkan di wilayah Kecamatan Pasrepan. Tepatnya di Balai Desa Mangguan, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, Jumat, 22 September 2023.

Tema yang dibahas saat ini lebih banyak terkait dengan pengamanan Pilkades serentak pada 2023 dan Pemilu 2024. Hadir mewakili Kapolres AKBP Bayu Pratama Gubunagi yakni Kabag Ren, Kompol Bambang Sucahyono. "Dalam waktu dekat di tahun 2024 kita akan melaksanakan Pemilu yang sudah dimulai masa pentahapan. Kami berharap Pemilu bisa terlaksana dengan baik, jujur, dan adil. Kemudian juga pelaksanaan Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Pasuruan wajib kita jaga kondusifitasnya bersama, agar tetap tercipta Sitkamtibmas yang aman dan kondusif," tutur Kompol Bambang. 

Kabag Ren mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir dalam acara Jumat Curhat terkait tugas kepolisian. Yaitu pelayanan, mengayomi dan penegakan hukum. Menurutnya, program Jumat Curhat ini adalah program dari Bapak Kapolri untuk menjaring aspirasi masyarakat dan mendengarkan keluhan masyarakat. Sehingga pihak kepolisian bisa langsung mendengarkan dan mengetahui permasalahan atau unek-unek di masyarakat. "Sehingga diusahakan bisa dibantu untuk mencari solusinya," jelasnya. 

Setelah sambutan, kemudian dibuka sesi curhat atau tanya jawab untuk masyarakat. Salah satunya disuarakan Sekdes Mangguan, Misbahul Munir.

Ia mengajukan pertanyaan terkait langkah antisipasi karena dari kolom penghitungan surat suara yang kosong, sehingga tidak sah. "Dan hal itu akan memicu timbulnya permasalahan. Kami meminta solusi dari hal tersebut, Pak," tanyanya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut Kabag Ren menilai hal itu masuk ke wilayah teknis. "Terkait hal tersebut kami harapkan agar panitia Pilkades berkoordinasi dengan bagian teknis pelaksana Pilkades. Agar lebih jelas dalam melaksanakan tugas yang berpedoman dan sudah tertuang dalam Perbup dan telah jelas dalam keterangan berita acara yang sudah ada Jadi sebaiknya selalu berkoordinasi dengan panitia tingkat Kecamatan," jawabnya. 

Kegiatan Jumat Curhat ini dihadiri Kapolsek Pasrepan, Danramil, Forkopimca, para tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh tamu yang hadir.  Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kapolsek Pasrepan AKP Supriadi.

"Saya mewakili Masyarakat Pasrepan mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Kabag Ren dalam acara ini untuk mendengarkan unek-unek dari masyarakat Pasrepan.  Saya juga ucapkan terima kasih kepada Kades Mangguan yang telah bersedia memfasilitasi tempat dan lainnya," ucap Kapolsek.

AKP Supriadi juga menyampaikan jika situasi di wilayah Kecamatan Pasrepan dalam keadaan kondusif.

Dan jika ada permasalahan kecil, pihaknya selalu berusaha selesaikan dengan cara kekeluargaan dengan melibatkan Kepala Desa. Dan perlu diketahui, pada 2023 ini, wilayah Pasrepan yang akan melaksanakan kegiatan Pilkades ada 3 desa. Yakni Desa Lemahbang, Mangguan dan Ngantungan. (mh)

Sumber: