Persebaya vs Arema, Motivasi Tinggi di Derby Jatim

Persebaya vs Arema, Motivasi Tinggi di Derby Jatim

Josep Gombau dan Reva Adi.--

Surabaya, Memorandum – Laga Derby Jatim mempertemukan tuan rumah Persebaya dan Arema FC. El-clasico di pekan ke-13 Liga 1 ini bakal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu, 23 September 2023. Pertandingan diprediksi berjalan ketat meski di atas kertas, posisi Persebaya lebih unggul dari rival abadi mereka Arema FC.

 

Green Force saat ini berada di posisi ke-8 klasemen, sementara Arema terpuruk di posisi 16 atau zona degradasi. Sebagai tuan rumah, Persebaya tentu menargetkan poin penuh di kandang.  Persiapan menuju laga krusial ini sudah dilakukan.

 

Pelatih Persebaya Josep Gombau mengatakan, persiapan sudah dilakukan dan para pemain termotivasi untuk pertandingan besok (hari ini,red).

 

"Besok akan menjadi pertandingan yang bagus karena akan mengeluarkan kemampuan terbaik dan berharap mendapatkan 3 poin," kata Josep dalam sesi press conference di kantor manajemen Persebaya di kawasan Sutos, Jumat, 22 September 2023.

 

Laga di GBT juga menjadi laga perdana bagi pelatih Gombau. Sayang, panitia pelaksana (Panpel) pertandingan hanya mencetak 25 ribu tiket. Padahal, GBT bisa menampung 40 ribu suporter.

 

Manajemen dan supporter pasti menginginkan kemenangan tidak peduli bagaimana Gombau meracik pemain-pemain terbaiknya.

 

"Saya sebelumnya pernah menghadapi pertandingan dengan tensi yang tinggi seperti ini di Australia. Ada Melbourne Victory menghadapi Adelaide United sekitar 60-70 ribu penonton yang intensitasnya lebih besar dari ini," bebernya.

 

Dari statistik, barisan penyerang Persebaya bermasalah dan hanya mencetak masing-masing 1 gol. Namun, Gombau menyebut, terpenting baginya adalah kemenangan tidak peduli siapa yang mencetak gol.

 

"Saya tidak peduli siapa yang mencetak gol. Bukan siapa yang mencetak gol. Yang terpenting bagi tim adalah merebut kemenangan bukan siapa yang mencetak. Mau pemain depan, belakang ataupun tengah, siapapun boleh mencetak gol," ungkapnya.

 

Terkait striker Paulo Victor yang disorot karena masih under perform, pelatih adal Spanyol ini masih percaya dan yakin bahwa penyerangnya bisa bekerja keras dan memberikan yang terbaik bagi tim.

 

"Karena semuanya di tim pastinya akan bekerja keras untuk memberikan yang terbaik dan meraih hasil maksimal di semua pertandingan," yakinnya.

 

Untuk pertandingan besok (hari ini), skuat Persebaya dalam kondisi fit. Praktis hanya Ernando Ari dan George Brown yang absen karena membela Timnas di Asian Games 2023.

 

Menghadapi Arema, Persebaya mempunyai statistik yang bagus. Dalam 5 pertandingan terakhir, Green Force menang di 4 laga dan hanya sekali seri. Statistik yang bagus ini diharapkan tidak pecah seperti saat menghadapi Madura United pekan lalu.

 

"Memang ada kemiripan statistik melawan Madura United pekan lalu dengan yang sekarang. Bukan berarti kemarin kalah besok juga kalah. Bukan seperti itu. Karena semua sudah beda persiapan kali ini, tim juga dalam mental yang sangat bagus. Jadi jauh lebih siap mempersiapkan pertandingan melawan Arema," katanya.

 

Sementara itu, kapten Persebaya Reva Adi Utama mengaku para pemain sudah sangat siap menghadapi pertandingan Derby Jatim melawan Arema. Ia pun tidak sabar untuk pertandingan besok.

 

"Dari segi mental, fisik, dan taktik, kami para pemain sudah siap. Apalagi dengan kedatangan coach Josep ini memberikan aura positif bagi kami. Semiga bisa mendapatkan 3 poin di kandang," harap Reva.

 

Di bagian lain, salah satu suporter Persebaya Anis Tiana Pottag mengatakan optimisnya di laga yang sarat emosi ini. Owner dan founder PT TOP Legal Group itu yakin Persebaya bakal mengatasi perlawanan Arema. “Main di kandang harus yakin dan saya yakin Persebaya bisa menang 5-0,” yakin Anis.

 

Kata Anis ada beberapa faktor kenapa Persebaya bisa mengalahkan Arema dengan mudah. Pertama menurut istri dari Ingo Pottag ini karena bermain di kandang sendiri. Yang kedua menurutnya, performa Persebaya lagi bagus meski di laga terakhir kalah dari Madura.

“Tak kalah penting adalah hadirnya pelatih baru serta dukungan Bonek dan Bonita di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Pokoknya yakin Persebaya akan menang. Persebaya Wani!,” tegas Anis.(rid/ono)

Sumber: