Pesta Rakyat Festival Bakso Jadi Hari Makan Bakso

Pesta Rakyat Festival Bakso Jadi Hari Makan Bakso

Walikota Malang, Drs Sutiaji bersama TP PKK saat coba bakso.--

Malang, Memorandum - Pemkot Malang melalui Diskopindag menggelar 'Pesta Rakyat, 'Rutam Nuwus Kera Ngalam' di Jl. Gajahmada, (samping Balaikota Malang) Kecamatan Klojen, Kota Malang, Kamis - Jumat (21-22/09/23).

Gelaran ini menghadirkan lebih dari 60 pedagang bakso se Kota Malang. Selain itu, juga dibuka langsung, Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji, didampingi Ketua TP PKK Widayati Sutiaji.

"Bakso itu, legend di Malang dan terkenal. Bahkan, ada tagline belum ke Malang kalau belum makan bakso. Itu sudah menasional dan mendunia," terang Sutiaji, di sela sela acara.

Ia menambahkan, bakso di Kota Malang, bisa menjadi ciri khas kuliner. Bahkan, banyak diburu wisatawan. Ia berharap, bakso Malang bisa semakin naik kelas dan menjadi rujukan. Tentunya,
dikemas dengan menarik dan aman dikonsumsi.

"Perlu dikemas lebih cantik lagi. Dengan harapan, tidak menjadi pesaing tapi menjadi kekuatan  kita semua. Bahkan, meningkatkan pendapatan pajak daerah," lanjutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada dua gerai bakso di Malang yang pajaknya pertahun mencapai Rp 2 miliar. Setiap 3 bulan sekali habiskan 2 ton pentol. Selain itu, masih ada lagi ratusan pedagang bakso yang bertahan,  dan laris di Malang.

Kadiskopindag Pemkot Malang, Eko Sri Yuliadi, menjelaskan, selama festival, ada 10 ribu kupon gratis yang disebar ke masyarakat. Dilakukan untuk 2 hari, masing masing 5 ribu kupon.

"Puncaknya, digelar besok Jumat 22 September 2023. Sekaligus,  ditetapkan Hari Makan Bakso di Malang yang disahkan pak Walikota. Berharap, kita mengangkat UMKM bakso. Semakin dikenal masyarakat, bahkan wisatawan," katanya.(edr/ziz)

Sumber: