Tak hanya Nasi, 6 Makanan ini Juga Mengandung Karbohidrat!

Tak hanya Nasi, 6 Makanan ini Juga Mengandung Karbohidrat!

Kentang-Unsplash-

SURABAYA, MEMORANDUM - Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh manusia.

Bagi sebagian besar orang Indonesia, nasi adalah makanan pertama yang terpikirkan ketika membicarakan makanan berkarbohidrat.

Namun, sebenarnya ada makanan sehat lain yang juga memiliki kandungan karbohidrat. Berikut adalah jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat sehari-hari:

1.    Kentang
Salah satu makanan yang dikenal memiliki kandungan karbohidrat adalah Kentang. Selain karbohidrat, Kentang juga memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, zat besi, dan mineral.

Namun, ada baiknya untuk tidak mengolah Kentang menggunakan banyak minyak. Cara lain yang bisa dicoba untuk mengolah Kentang adalah dengan cara direbus, dipanggang,  atau dihaluskan.

2. Ubi jalar
Makanan selanjutnya yang mengandung karbohidrat adalah ubi. 300 gram ubi yang dihaluskan dan sudah dimasak dengan kulitnya memiliki kandungan karbohidrat sebesar 20,7 gram (plus gula dan serat).
 
Ubi juga mengandung antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengonsumsi Ubi jalar, maka tubuh anda juga bisa terlindungi dari penyakit kronis.

3. Oats
Oats merupakan makanan olahan gandum yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, satu porsi Oats 54 gram karbohidrat dan 8 gram serat.

Tak hanya mengenyangkan, mengonsumsi Oats juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kolestrol.

4. Buah-buahan
Selain kaya akan vitamin dan mineral, ternyata beberapa Buah-buahan juga mengandung karbohidrat. Mengonsumsi Buah-buahan bisa membuat kenyang lebih lama karena kaya akan serat.

Beberapa buah yang mengandung karbohidrat diantaranya adalah mangga, apel, pisang, jeruk, kurma, dan beri.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Dalam 100 gram kacang diperkirakan mengandung 63 gram karbohidrat yang baik untuk tubuh.
Karbohidrat yang ada di dalamnya terdiri dari pati dan serat.

Kacang-kacangan juga tinggi akan protein, vitamin, mineral, dan senyawa tanaman. Bahkan jenis kacang merah juga kaya akan antioksidan jenis antosianin dan isoflavon yang dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis.


6. Roti
Roti adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat karena terbuat dari tepung halus dan biji-bijian. Mengonsumsi Roti-rotian juga bisa disesuaikan dengan selera karena tersedia dalam berbagai jenis dan bentuk. Contohnya anda bisa mengonsumsi satu potong Roti tawar yang mengandung 13 gram karbohidrat dengan selai rasa buah sesuai selera.


Itu dia 6 makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi dan bisa anda konsumsi sehari-hari. Selamat mencoba! (*)

Sumber: