Cegah Karhutla, Polsek Jatirejo Cek Titik Api

Cegah Karhutla, Polsek Jatirejo Cek Titik Api

Anggota Polsek Jatirejo saat melakukan pengecekan lahan terbakar.--

Mojokerto, Memorandum - Cegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, personil Polsek Jatirejo jajaran Polres Mojokerto aktif melakukan pengecekan setiap adanya titik api, baik yang dijumpai sendiri ketika patroli maupun adanya laporan dari masyarakat dan sumber api yang terpantau oleh satelit.

Seperti yang dilakukan oleh personil unit Samapta Polsek Jatirejo pada hari Selasa siang 19/9/2023. Setelah memperoleh informasi adanya sumber api dari pantauan satelit yang berkoordinat di wilayah desa Gebangsari, personil Polsek Jatirejo dari unit patroli langsung melakukan pengecekan sesuai titik koordinat.

Hasil pengecekan, sumber api dari pembakaran limbah pertanian tanaman jagung yang berada di persawahan desa Gebangsati milik Tohari warga desa Gebangsari Kecamatan Jatirejo yang sengaja dibakar dengan tujuan membersihkan lahan untuk dilakukan penanaman kembali.

Dalam pengecekan itu petugas memberi himbauan kepada warga agar dalam pembakaran itu harus waspada dan melakukan penjagaan agar api tidak merembet ke lahan lain.

Kapolsek Jatirejo AKP Sulianto mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di wilayah Jatirejo memerintahkan personilnya agar melakukan deteksi dini terhadap titik api baik yang ditemui ketika melaksanakan patroli maupun informasi dari masyarakat serta hasil pantauan satelit, karena saat ini cuaca panas ekstrim yang berpotensi mudah terjadinya kebakaran.

"Apabila menjumpai kebakaran agar segera melaporkan dan melakukan upaya pemadaman dengan upaya maksimal," pungkasnya.(war/ziz)

Sumber: