Narkoba Pil Yaba, Polisi Belajar dari Kesaksian Linda

 Narkoba Pil Yaba, Polisi Belajar dari Kesaksian Linda

Johan Avie--

Surabaya, Memorandum - Peredaran narkoba jenis baru, pil yaba, di Indonesia, pertama kali diungkap oleh Mabes Polri dalam kasus Fredy Pratama. narkoba impor yang diproduksi di Thailand ini, kini telah tembus ke Indonesia. 

Menurut telaah pakar hukum Johan Avie, Senin, 18 September 2023, pengungkapan kasus pil yaba ini merupakan prestasi bagi Mabes Polri. Namun di sisi lain, menunjukkan adanya kelemahan dalam hal pengawasan terhadap wilayah perbatasan teritori di Indonesia.

"Itu kan diproduksi di luar negeri, bukan diproduksi di Indonesia. Kalau sampai kemudian pil yaba itu peredarannya ditemukan di Indonesia, artinya sistem pengawasan kita di wilayah-wilayah perbatasan gagal melacak adanya narkoba yang masuk ke teritori Indonesia," ucapnya.

Johan menuturkan, pemerintah dan aparat penegak hukum (APH) dapat belajar dari kesaksian Linda Puji Astuti di dalam sidang kasus narkoba yang sempat viral beberapa tahun belakangan.

Di dalam persidangan, Linda sempat bersaksi bahwa dirinya adalah agen polisi yang juga bagian dari jaringan narkoba internasional. Jika ada informasi mengenai peredaran narkoba yang akan masuk ke Indonesia, si Linda akan memberikan informasi kepada polisi untuk dapat ditindaklanjuti.

"Dari kesaksian Linda kita belajar bahwa Polri itu punya agen-agen internasional. Mereka harusnya sudah tahu lebih dahulu bahkan sebelum narkoba itu masuk ke wilayah Indonesia. Masalahnya, informasi dari agennya itu ditindaklanjuti dengan upaya penangkapan dan pencegahan atau tidak itu kan semua menjadi kewenangannya polisi," cetus direktur Pusat Hak Asasi Manusia (Pusham) Surabaya ini. 

"Saya tidak tahu seperti apa proses pengelolaan informasi dari agen-agen itu di internal Polri, tetapi yang pasti sekecil apapun informasi yang didapatkan, early warning system-nya harus tetap berjalan, dan kemudian ditindaklanjuti," tambah Johan.

Dirinya berharap, Polri dapat menjalin kerja sama dengan lembaga negara lain untuk memperkuat pengamanan dan pengawasan di wilayah-wilayah perbatasan. Sebab di wilayah perbatasan itulah pintu masuknya narkoba jenis baru, termasuk pil yaba ini. (bin/fer)

 

Sumber: