Empat Prodi FEB UHW Perbanas Didukung Kemdikbudristek

Empat Prodi FEB UHW Perbanas Didukung Kemdikbudristek

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas diskusi bersama mentor IACBE.--

Surabaya, Memorandum - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas dipercaya Kemdikbudristek untuk mencapai Akreditasi Internasional. 

Berdasarkan pengumuman hasil seleksi proposal program bantuan fasilitasi program studi untuk mendapatkan akreditasi internasional tahun 2023, ada 4 prodi yang didorong, antara lain: S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Syariah, dan S2 Manajemen. 

Pada tahapan awal, dilakukan diskusi bersama mentor International Accreditation Council for Business Education (IACBE) di Kampus Wonorejo yang dimulai Senin, 18 September 2023 hingga Rabu, 20 September 2023.

Selanjutnya, candidacy visit dan workshop yang diikuti segenap jajaran struktural UHW Perbanas. Targetnya, tahun ini berkas kelengkapan akreditasi internasional sudah bisa submit.

Luciana Spica Almilia, Kepala Pusat Penjaminan Mutu UHW Perbanas mengatakan bahwa proses akreditasi ini ada 2 tahap yang dimulai sejak tahun 2021.

Tahapan yang pertama mendaftar sebagai educatonal membership, kemudian tahap selanjutnya menjadi kandidat akreditasi.

"Di awali dengan jadi educational membership, dan ducation membership itu kita sudah mulai sejak 2021. Kemudian tahap yang kedua itu adalah jadi kandidat terakreditasi ini. Maksudnya sebelum terakreditasi itu sudah siap atau tidak sebagai perguruan tinggi atau program studi yang terakreditasi," ujar Luciana saat presscon di UWH Perbanas.

Ia juga menjelaskan, feedback yang didapat dari akreditasi internasional adalah penyusunan kurikulum. Yakni, terkait stundent learning outcome yang sudah disetarakan dengan internasional.

"Feedback yang didapat dari akreditasi internasional ini, yang pertama itu adalah kami perbaikan terkait dengan penyusunan kurikulum. Penyusunan kurikulum itu terkait dengan apa student learning outcome jadi capaian pembelajaran lulusan yang artinya sudah disetarakan dengan kebutuhan internasional," beber Luciana.

Kepala Pusat Penjaminan Mutu UHW Perbanas ini berharap setelah terakreditasi internasional, capaian lulusan juga diakui secara internasional.

"Harapannya adalah level dari capaian pembelajaran lulusan itu juga diakui secara internasional," tandas dia. (mg2/bin/fer)

 

Sumber: