Hotel Dafam Fortuna Jember Gelar Barista Fun Battle

Hotel Dafam Fortuna Jember Gelar Barista Fun Battle

Alvin, salah satu peserta dari Jember unjuk kebolehan di hadapkan para juri di event Jember Barista Fun Battle.--

Jember, MemorandumJember Barista Fun Battle #5 Mixology 2023 selesai digelar Minggu, 17 September 2023 di Ukafe Hotel Dafam Fortuna Jember.

Acara ini diikuti oleh 20 peserta dari berbagai kota di Indonesia, yaitu Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Banyuwangi, Malang, dan Jember sekitar nya.

Para peserta yang mengikuti kompetisi ini terdiri dari barista, bartender, dan komunitas kopi. Mereka bersaing untuk menciptakan minuman kopi campuran (mixology coffee) yang unik dan inovatif.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan, setiap peserta harus membuat minuman kopi campuran hangat dan satu minuman kopi dingin non-alkohol.

Dari 20 peserta harus membuat satu minuman kopi campuran yang belum pernah ada sebelumnya, dua jenis macam dingin maupun hangat dengan inovasi dan kreativitas baru.

Pada akhirnya, pemenang Jember Barista Fun Battle 5# Mixology 2023 adalah Hazazi Aji dari Surabaya. Aji berhasil menciptakan minuman kopi dingin (cool) memberikan rasa pada penikmat kopi, dengan varian kopi sangria yang terinspirasi minuman sangria Eropa yang biasanya menggunakan whain tapi ini menggunakan Kopi.

Berikut adalah daftar pemenang Jember Barista Fun Battle #5 Mixology 2023

Juara 1: Hazazi Aji (Surabaya)

Juara 2: Aditya Prayogi (Surabaya)

Juara 3: Kristianus Bayu Putra (Jogja)

Acara ini dibuka oleh General Manager Hotel Dafam Fortuna Jember, General Manager Hotel Dafam Fortuna Jember, Helman Deddy Choandra dalam sambutannya, menyampaikan Event Jember Barista Fun Battle #5 New Challange Mixology Coffee 2023 yang Kami selenggarakan Kali ini Berbeda dengan Event JBFB sebelumnya.

Selain bertujuan sebagai ajang silaturahmi antarbarista dari berbagai kota event ini diharapkan dapat menjadi pengalaman baru untuk para barista, mixology atau seni mencampur minuman Berbahan dasar Kopi saat ini sedang naik daun atau populer di kalangan pencinta kopi.

"Memang berbeda dengan cara menyajikan kopi pada umumnya meski bukan hal Baru. Kompetisi ini menantang para barista untuk meracik minuman yang memiliki rasa yang lain dari pada umumnya, mencampur kopi dengan bahan-bahan yang di luar nalar akan tetapi tetap memperhatikan keamanan dan kesehatan bagi peminumnya adalah hal utama, tidak hanya mengejar rasa dan presentasi tapi juga harus berkualitas, " ungkap General Manager Hotel Dafam Fortuna Jember, Helman Deddy Choandra, Senin, 18 September 2023.

Ini adalah tantangan yang Kami berikan ke para peserta untuk menunjukan skill barista yang di miliki. Dan yang tidak kalah penting tim juri di tuntut lebih detail dan memiliki tingkat analisa dalam penilaian dari Hasil karya Barista, Kami mendatangkan para juri yang sudah malang melintang dalam mencicipi rasa kopi.

Sumber: