Memorandum Umrah Holiday Expo 2023, Ketua FK PATUH: Terima Kasih Memorandum

Memorandum Umrah Holiday Expo 2023, Ketua FK PATUH: Terima Kasih Memorandum

Stan travel di Memorandum Umrah Holiday Expo 2023 di Royal Plaza Surabaya.--

Surabaya, Memorandum - Ketua Forum Komunikasi Travel Haji dan Umrah seJawa Timur (FK PATUH) H Bajuri memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Memorandum karena sukses menyelenggarakan pameran travel Memorandum Umrah Holiday Expo 2023.

Bajuri mengatakan, pameran ada dua sisi, yang pertama adalah direct selling langsung didapat di pameran, sedangkan yang kedua ada branding image.  

Oleh karena itu, hari ini ada yang closing juga alhamdulillah. Kalau tidak pun bisa minggu depan atau bulan depan. Itulah pentingnya Memorandum Umrah Holiday Expo 2023.

"Ini yang dinamakan sebuah kreativitas yang luar biasa dari rekan-rekan Memorandum. Tentu saja ini harus berkesinambungan karena namanya publikasi dan promosi itu harus punya sifat terus (continue). Kalau bahasa Arab istikamah," kata Bajuri. 

Bajuri menambahkan, urusan ibadah tidak bisa seperti beli barang. Biasanya orang di hari pertama datang ke pameran ambil brosur dulu, terus dipikirkan di rumah, dan kalau sudah diputuskan jamaah akan kembali lagi. 

"Biasanya orang datang pada Sabtu-Minggu karena mendekati penutupan dan ramai. Selain untuk makan bersama di mal sekaligus bertanya-tanya tentang travel yang akan diikutinya," ungkap Bajuri.

Ada juga jemaah tidak memutuskan pada saat pameran berlangsung, biasanya akan menghubungi travel kembali sebulan kemudian. Karena jemaah sudah memegang brosur dari masing-masing travel yang ikut di pameran.

Bajuri memperkirakan, apabila yang datang 5.000 pengunjung pameran. Jika di hitung selama 5 hari pameran total ada 25 ribu pengunjung yang datang. 

Penilaian Bajuri, ada 18 travel yang berpartisipasi dalam pameran kali ini dan masing-masing mempunyai kelebihan. Dan dilihat semuanya tidak ada yang mengeluh dan komplain. 

"Itu artinya menguntungkan. Kita tidak bisa mengatakan kamu dapat berapa, bukan begitu cara menghitungnya karena ini bukan jualan barang, melainkan ini adalah ibadah," tutur Bajuri.

Apabila peserta pameran diam dan tidak ada masalah, berarti pameran berjalan sukes acaranya. Kesuksesan acara karena tidak adanya komplain yang muncul dari peserta ini. 

Bajuri melihat, setiap hari selalu ada pengunjung dam konsultasi, dan mencari brosur di pameran ini. "Saya lihat ada hasilnya. Kemudian kita kembalikan ke takdir Allah, ikhtiar, tidak bisa hari ini, besok, minggu depan atau bulan depan," imbuhnya.

Dia mengungkapkan, pameran travel umrah ini tidak hanya diadakan di Royal Plaza saja, malainkan di tempat-tempat lain, yang diadakan oleh event organizer (EO). 

"Tapi kelebihannya, kalau diadakan oleh media cetak, online, atau media yang sudah punya nama itu tentu saja berbeda bila yang mengadakan EO," tukasnya.

Sumber: