Sandiaga Uno Ingin Ngawi Jadi Daerah Ekonomi Kreatif

Sandiaga Uno Ingin Ngawi Jadi Daerah Ekonomi Kreatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyapa peserta workshop Kabupaten/Kota Kreatif di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi. --

Ngawi, Memorandum - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menginginkan Kabupaten Ngawi, menjadi bagian dari kabupaten kreatif. Sebab, Kabupaten Ngawi memiliki produk unggulan yakni kripik tempe, cokelat tempe dan fashion

"Kita menginginkan Kabupaten Ngawi ditetapkan sebagai kabupaten kreatif oleh pemerintah pusat," ujar Sandiaga saat menghadiri kegiatan Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi, Jumat (15/9/2023). 

Menurut Sandiaga, untuk mewujudkan menjadi kabupaten kreatif, perlu didukung tiga SI, yakni Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi. Dan tahapan pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif, dimulai dari pemetaan dan pengusulan subsektor ekraf unggulan melalui kegiatan dengan Uji Petik. 

Yakni terhadap 4 elemen PKM3i yang meliputi 17 subsektor ekonomi kreatif, kreator/pelaku ekraf (ABCG-M), rantai nilai ekraf dan keterkaitan Backward-Forward Linkage. Dan selanjutnya diusulkan untuk ditetapkan menjadi KaTa Kreatif. 

Ditambahkan, pengembangan kota kreatif bertujuan untuk menggali, memanfaatkan, menumbuhkembangkan, mengelola dan mengkonservasi kreativitas serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya untuk mengembangkan potensi lokal. Ini sesuai dijelaskan dengan Perpres No 142 Tahun 2018 mengenai Arah Kebijakan Rencana Induk Ekonomi Kreatif. (ars/ika/lis/fer)

Sumber: