Curi Kotak Amal Masjid, Sales Rokok Dibekuk Massa

Curi Kotak Amal Masjid, Sales Rokok Dibekuk Massa

Terduga pelaku saat diamankan oleh warga.--

Jember, Memorandum - Berpura-pura buang air kecil di toilet masjid, seorang pencuri nekat menguras isi kotak amal. M. Reza Kadavi (27), terduga pelaku sempat berusaha kabur setelah menggasak uang kotak amal namun tertangkap massa.

Pria asal Dusun Mojo, Desa Biting, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember itu melakukan aksinya di Masjid Al-Hidayah Dusun Barat, Desa Kalisat, Kecamatan Kalisat, Jember dan diketahui saksi Jasuli (45), warga setempat.

Kapolsek Kalisat, AKP Istono menerangkan, pada hari Selasa (12/9) sekitar pukul 10.30 WIB, tim Senyap unit Reskrim Polsek Kalisat telah mendapatkan informasi dan mengamankan terduga pelaku pencurian kotak amal masjdi dari amukan massa.

"Tak hanya menunggu waktu lama tim senyap Polsek Kalisat segera mendatangi TKP dan mengamankan terduga pelaku dari amukan massa beserta barang buktinya lalu membawa ke Polsek Kalisat untuk proses sidik," kata Kapolsek Kalisat, Rabu (13/9/2023).

Dari keterangan terduga pelaku, ia nekat menggasak kotak amal di Masjid Al-Hidayah dengan cara menggunakan kunci palsu lalu mengambil uang tunai sebesar delapan ratus tiga puluh lima ribu delapan ratus rupiah lalu memasukkannya ke dalam jaketnya, berdalih terdesak hutang tanggungan yang harus diganti (disetorkan).

"Terduga pelaku yang berinisial MRK nekat mencuri kotak amal masjid mengaku seorang sales rokok, lantaran kepepet menggunakan uang hasil penjualan rokok yang dipergunakan sehari-hari, terdesak untuk mencari uang pengganti atau setoran," beber AKP Istono.

Barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan terduga pelaku satu unit motor Honda Vario 125 hitam, sebuah obeng, dua buah kunci gembok, dan uang tunai Rp 835.800.(edy/lis)

Sumber: