5 Fakta Maestro Affandi Koesoema

5 Fakta Maestro Affandi Koesoema

Affandi Koesoema--

Surabaya, memorandumAffandi Koesoema merupakan seorang pelukis yang berasal dari Yogyakarta. Beliau dikenal sebagai salah satu maestro seni lukis Indonesia karena karya-karyanya yang telah mendunia.

Ingin tau fakta menarik tentang Affandi, simak ulasan berikut!

1. Seniman Indonesia Pertama di Venice Art Biennale
Venice Art Biennale merupakan pameran seni tertua yang digelar di Venesia, Italia. Venice Art Biennale juga menjadi ajang bagi seniman dunia untuk memajang karya-karyanya di pasar seni tersebut. Affandi seniman Indonesia pertama yang mengikuti Venice Art Biennale 1954. Kurator independen Enin Supriyanto menuturkan Affandi menampilkan 16 lukisan dan satu patung.

2. Hasilkan 2.000 Lukisan
Sepanjang hidupnya, Affandi tidak pernah berhenti berkarya. Pria yang lahir di Cirebon pada 1907 silam. Sampai tutup usia di 23 Mei 1990 dan diketahui menghasilkan lebih dari 2.000 lukisan. Namanya dikenal sebagai pelukis paling produktif sepanjang masa. Kini, lukisan-lukisannya bisa dinikmati di Museum Affandi.

3. Suka Melukis Selfie
Di antara ribuan lukisan Affandi yang pernah dibuatnya, para pencinta seni pastinya ngeh kalau sang maestro suka melukis potret. Khususnya potret selfie dirinya sendiri

4. Lukisannya Lebih Humanis dan Jauh dari Politik
Lukisan-lukisan Affandi yang bergaya ekspresionisme dan romantismenya yng khas juga jauh dari sikap politik. Dia diketahui tidak pernah menciptakan lukisan yang sarat akan kritik sosial maupun pemerintah

5. Lukisan Pertama
Affandi diketahui melukis pertama kali di tahun 1936. Lukisan potret Affandi itu berukuran kecil dan menjadi berharga di mata pecinta seni.

Menarik bukan?, itu tadi 5 fakta tentang sosok seniman hebat, Affandi. Ternyata tidak hanya di Indonesia, beliau juga terkenal di dunia. (mg2/gus)

Sumber: