STY Waspadai Penyerang Tajam Turkmenistan

STY Waspadai Penyerang Tajam Turkmenistan

Gelandang serang Marselino Ferdinan bakal menjadi andalan di lini tengah skuad Garuda Muda.--

Surabaya, Memorandum - Perebutan satu tiket menuju Piala Asia U-23 2024 Qatar di Grup K dipastikan berjalan sengit. Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Turkmenistan U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9) malam. Meski hanya butuh seri untuk lolos ke Qatar, namun pelatih Shin Tae-yong (STY) menginginkan tim asuhannya bermain maksimal.

 

Di klasmen sementara, Indonesia menduduki posisi puncak dengan poin 3 usai menang 9-0 atas Taiwan. Sementara Turkmenistan berada di posisi kedua dengan 3 poin usai menang 4-0 atas Taiwan.

 

Dalam pertandingan yang berakhir 4-0, ada pemain Turkmenistan yang perlu diwaspadai skuad Garuda Muda. Dia adalah Shamammed Khydyrov, pemain dengan nomor punggung 11 itu tampil menonjol dengan mencetak hat-trick. Aksinya harus diwasapai barisan pertahanan Indonesia.

 

"Saya menonton pertandingan pertama Turkmenistan lawan Taiwan. Pemain bernomor 11 (Shamammet Hydyrow) dan penyerang lain Turkmenistan juga sangat baik," kata pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

 

Dalam pertandingan nanti, Turkmenistan U-23 wajib menang apabila ingin lolos otomatis. Jika seri, Turkmenistan kemungkinan juga bisa lolos menjadi 4 runner-up terbaik. Namun, hal ini menjadi riskan karena harus bergantung dengan hasil grup lain.

 

Dalam situasi ini, Turkmenistan mungkin diunggulkan dalam hal recovery pemain. Mereka terakhir bertanding pada Rabu (6/9) sementara Indonesia U-23 terakhir bermain Sabtu (9/9).

 

Namun, status Indonesia U-23 sebagai tuan rumah jelas di unggulkan dalam pertandingan nanti. Apalagi sebagian besar pemain Indonesia mempunyai pengalaman lebih katena bermain di timnas senior. Ditambah lagi dukungan penuh suporter pastinya akan membakar semangat para pemain.

 

Kendati demikian, dalam head to head (H2H) Indonesia U-23 menghadapi Turkmenistan U-23, Garuda muda selalu kalah. Antara lain di ajang kualifikasi Olimpiade kalah 1-3 di kandang dan kalah 1-0 di laga tandang.

 

Sekedar diketahui, juara dari masing-masing grup akan memperoleh tiket lolos ke Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Sementara runner-up di masing-masing grup hanya akan memperebutkan 4 tiket yang nantinya akan diranking dengan poin dan selisih gol terbanyak. (rid/ono)

Sumber: