Namira Ecoprint Pukau Pengunjung di SFP, Produk Rumahan yang Kini Mendunia

Namira Ecoprint Pukau Pengunjung di SFP, Produk Rumahan yang Kini Mendunia

Namira Ecoprint meramaikan ajang SFP.--

Catatan: Eko Yudiono

 

Namira Ecoprint tak henti-hentinya membuat pelaku Usaha mikro kecil menengah (UMKM) bangga. Sebab, Namira menunjukkan bahwa, produk UMKM rumahan bisa bersaing dengan produk mancanegara.

Ini dibuktikan dengan tampilnya, Namira Ecoprint di ajang Surabaya Fashion Parade (SFP) yang digelar di Convention Hall Tunjungan Plaza 3, Kamis (7/9/2023) lalu.

Namira bukan hanya naik kelas karena produk Ecoprintnya diperagakan oleh model di catwalk. Tapi lebih dari itu, Namira menjadi pioneer produk lokal yang mendunia.

Kehadiran Namira Ecoprint mampu memukau pengunjung. Event bergengsi yang ke-16 tahun ini,  diikuti sekitar 80 desainer dari Indonesia dan mancanegara.

Beberapa produk Namira yang bercorak etnik yang diperagakan di catwalk, sukses mengobati pecinta fashion yang datang dari berabagai daerah di Indonesia.

“Surabaya Fashion Parade merupakan momen penting bagi kami. Kami tak ingin menyia-nyiakan acara bergengsi ini,” ungkap Yayuk Eko Agustin.

Yayuk Eko menegaskan, tahun ini, Namira memberi kejutan dengan nuansa kolaboratif antara budaya Indonesia dan Jepang. Dia khusus membuat baju kimono dengan motif ecoprint yang cantik.

“Kami habis mengikuti event Jogja Japan Week 2023. Alhamdulillah, responsnya cukup bagus,” katanya

Surabaya khususnya dan Indonesia pada umumnya patut bangga dengan apa yang dilakukan oleh owner Namira Ecoprint, Yayuk Eko Agustin yang setiap hari berkreasi dengan bahan kain dan kulit domba yang menjadi andalannya.

Yayuk tak henti-hentinya tersenyum usai pagelaran. Kerja kerasnya kini bukan hanya bisa dinikmati warga lokal. Namun, lebih dari itu, produknya kini sudah mendunia.

“Terima aksih kepada semua yang sudah mengapresiasi produk-produk Namira,” ungkap Yayuk. Meski usaha rumahan, namun, bengkel atau butik Namira Ecoprint  di Wisma Kedung Asem Indah tidak pernah sepi.

Setiap hari utamanya di akhir pekan, selalu dikunjungi oleh orang-orang yang tertarik dengan produk batik motif daun tanpa bahan kimia dalam proses produksinya.

Pejabat-pejabat lokal, mulai dari bupati di Jawa Timur hingga luar pulau sudah mengenal produk Namira Ecoprint. Bahkan, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menjadi satu dari sejumlah sekian pejabat yang bangga memakai produk Namira Ecoprint. Dalam suatu kesempatan berkunjung ke Surabaya, Risma berkunjung ke Butik Namira di Jalan Kedung Asem Indah Blog G/7, Surabaya.

Begitu juga dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberi perhatian besar terhadap produk-produk Namira Ecoprint. Itu terjadi saat Khofifah memboyong pelaku usaha Jatim mengikuti kegiatan Misi Dagang dan Investasi bersama para pelaku usaha dari Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (13/4/2022) silam.

Yang membuat makin bangga, Namira Ecoprint terpilih menjadi 10 terbaik versi Bemberg Textile Indonesia. Ini membuktikan bahwa, UMKM bisa naik kelas jika produk mereka berkualitas. Jadi, tunggu apalagi, saatnya UMKM di Surabaya khususnya dan Indonesia pada umumnya mencontoh Namira Ecoprint. Semoga (*)

Sumber: