Main di GBT, Indonesia Tumbangkan Turkmenistan 2-0

Main di GBT, Indonesia Tumbangkan Turkmenistan 2-0

Egy Maulana Vikri usai mencetak gol ke gawang Turkmenistan.--

Surabaya, Memorandum- Gol Egy Maulana Vikri di injury time menggandakan kemenangan Indonesia atas Turkmenistan menjadi 2-0. Sebelumnya, di babak pertama, Dendy Sulistyawan mencetak gol di menit ke-19 di laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (8/9/2023) malam.

Di laga ini, kredit poin patut dialamatkan kepada Nadeo Argawinata, kiper Timnas Indonesia yang tampil gemilang. Tercatat, lima kali kiper asal klub Borneo FC ini menyelamatkan gawangnya dari gempuran pemain Turkmenistan.

Di awal babak kedua, Coach Shin Tae-yong memasukkan Egy Maulana Vikri dan menggantikan Alfreandra Dewangga. 

Egy mendapatkan peluang pertama pada menit ke-60 usai menerima umpan dari Marc Klok. Namun sayang tendangan Egy masih lemah dan mampu ditangkap penjaga gawang. 

Berselang satu menit, Turkmenistan mengancam melalui counter attack. Tirkishov Shanazar yang menerima umpan dari penjaga gawang melakukan solo run hingga memasuki daerah pinalti. Eksekusi tendangannya masih melebar tipis diatas penjaga gawang Nadeo. 

Turkmenistan hampir saja menyamakan kedudukan. Tendangan free kick Tagayev Elman pada menit ke-65 masih membentur mistar gawang. 

Turkmenistan terus memberikan ancaman bagi pertahanan Indonesia. Banyak peluang yang diciptakan Turkmenistan namun karena penyelesaian yang buruk, mereka masih belum mampu mencetak gol. 

Pada menit ke-76, Nadeo melakukan penyelamatan yang krusial. Gurbanov yang melakukan solo run dari daerah pertahanan melakukan tembakan yang masih bisa diselamatkan Nadeo. 

Turkmenistan terus membuat peluang berbahaya, kali ini giliran tendangan spekulasi jarak jauh Nurmyradov Selim pada menit ke-79 yang masih melenceng di sisi kiri gawang. 

Timnas akhirnya menambah keunggulan 2-0 dari Egy Maulana Vikri pada menit ke 90+2. Melalui skema serangan balik cepat, Stefano Lilipaly melakukan solo run sampai pertahanan dan memberikan umpan ke Egy yang kosong. Egy melakukan gocek yang diakhir tendangan mendatar yang mampu mengoyak jaring gawang lawan. (rid/ono)

 

Sumber: