Luar Biasa! Inilah Pedang Peninggalan Milik Rasulullah SAW

Luar Biasa! Inilah Pedang Peninggalan Milik Rasulullah SAW

--

Surabaya, memorandum - Nabi Muhammad SAW memiliki beberapa koleksi pedang semasa hidupnya. Pedang Nabi Muhammad digunakan sebagai senjata dalam memerangi orang-orang kafir yang menentang agama Allah.

Selain itu, senjata yang digunakan nabi dalam berperang juga punya andil dalam kemenangan umat Muslim. Nabi Muhammad memiliki beberapa koleksi pedang yang kualitasnya sangat bagus.

Berikut beberapa pedang peninggalan milik Rasulullah SAW.

1. Pedang Dzulfikar

Pedang Dzulfikar didapat dari rampasan Perang Badar. Pedang ini memiliki dua mata pisau yang terbuat dari perak. Rasulullah mewariskan pedang tersebut kepada Ali bin Abi Thalib saat Perang Uhud. Sejak itu, pedang Dzulfikar selalu menemani Ali bin Abi Thalib dalam setiap peperangan.

2. Pedang Al Ma'tsur

Pedang Al Ma'tsur juga dikenal dengan nama Ma'tsur al-Fijar. Pedang ini dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW sebelum beliau menerima wahyu pertama di Mekah. Sebagai peninggalan dari sang ayah, dekat dengan pegangan pedang terdapat kufic tulisan Arab yang mengukir nama ayah Rasulullah SAW, 'Abdullah bin Abdul Muthalib'.

Pedang Al Ma'tsur menjadi pedang yang menemaninya hijrah dari Mekah ke Madinah, hingga akhirnya dikumpulkan kembali bersama peralatan perang lain yang disimpan oleh Ali bin Abi Thalib. Saat ini, pedang dengan pegangan berlapis emas dan aksesoris emeralds serta pirus ini disimpan di Museum Topkapi, Istanbul.

3. Pedang Al Battar

Pedang Al Battar disebut juga sebagai pedangnya para nabi. Dalam pedang Al Battar terukir sejumlah nama nabi dalam bahasa Arab, yaitu Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Musa AS, Nabi Harun AS, Nabi Yusuf AS, Nabi Zakaria AS, Nabi Yahya AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW.

Pedang Al Battar pertama kali dimiliki oleh Nabi Daud AS dari Goliath, pemilik dari pedang tersebut ketika beliau berhasil mengalahkannya di usia 20 tahun. Lalu, pedang berpindah tangan ke Nabi Muhammad SAW yang didapatnya dari hasil rampasan perang Bani Qainaqa.

Sekarang, pedang sepanjang 101 cm ini masih berada di Museum Topkapi, Istanbul.

4. Pedang Al Qadib

Pedang ini merupakan pedang untuk pertahanan ketika berpergian, namun tidak digunakan untuk peperangan. Pasalnya, tidak ada catatan sejarah yang menyebutkan Rasulullah SAW memakai pedang Al Qadib saat perang.

Pedang ini disimpan di rumah Rasulullah SAW yang kemudian hanya digunakan oleh Khalifah Fatimid. Pedang yang berbentuk blade tipis seperti tongkat ini memiliki ukiran dari perak yang berbunyi kalimat syahadat.

5. Al Adhab

Secara bahasa, Al 'Adhb memiliki arti 'tajam' atau 'memotong'. Pedang ini didapat Rasulullah dari sahabatnya sebelum Perang Badar. Beliau menggunakan pedang ini ketika bertarung melawan kaum kafir Quraisy di Perang Uhud. Saat ini, pedang Al Adhab tersimpan rapi di Masjid Husain di Kairo, Mesir.

Itulah beberapa pedang peninggalan milik Rasulullah SAW. Bagaimana pendapatmu?
(mg1/gus)

Sumber: