Distribusi Dokter ke Daerah Tidak Merata, FK Unusa Siap Berkontribusi

Distribusi Dokter ke Daerah Tidak Merata, FK Unusa Siap Berkontribusi

Prosesi pelantikan sejumlah dokter muda Unusa.--

 

Jumlah pesantren yang besar di seluruh Indonesia menjadi faktor penting dalam upaya ini. Lulusan dari FK Unusa harus memiliki perubahan mindset yang positif untuk mendukung inisiatif pencegahan berbasis komunitas ini.

 

Selain itu, upaya ini melibatkan pesantren tidak hanya sebagai pusat, tetapi juga melibatkan masyarakat di sekitarnya.

 

"Upaya ini diharapkan akan menjadi kontribusi positif bagi fakultas kedokteran di Indonesia dan para dokternya. Namun, ini hanyalah salah satu bagian dari upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, dan ada banyak lagi yang dapat dilakukan," jelasnya.

 

Rektor menambahkan, banyak dari alumninya juga memilih untuk melanjutkan studi ke tingkat S2, baik dengan biaya sendiri maupun melalui beasiswa.

 

Beberapa di antaranya berhasil meraih beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan dan Beasiswa Erasmus Mundus untuk studi di Perancis dan Belgia.

 

Selain itu, ada juga yang telah memulai studi di Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

 

"Semua ini menunjukkan bahwa kualitas lulusan Fakultas Kedokteran Unusa sangat baik dan setara dengan lembaga pendidikan kedokteran lain yang sudah lama berdiri," pungkas Jazidie. (bin/ono)

Sumber: