Krisis Air Bersih di Tegalbatu Patrang Kian Meluas

Krisis Air Bersih di Tegalbatu Patrang Kian Meluas

Pengurus PMI cek langsung ke lokasi warga yang membutuhkan air bersih.--

Jember, Memorandum - PMI Kabupaten Jember terus melanjutkan distribusi air bersih di Lingkungan Tegalbatu Kelurahan/Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Berdasarkan catatan PMI Kabupaten Jember, sejak 24 Agustus hingga 5  September 2023, sudah 60.000 liter air bersih telah didistribusikan.  

Distribusi terus dilanjutkan karena kebutuhan air bersih warga Dusun Tegalbatu makin banyak. Pasalnya, makin banyak warga yang membutuhkan air bersih seiring sumber-sumber air semakin  berkurang. Pasalnya, kemarau terasa makin panjang. Sampai awal September masih belum turun hujan.

Bahkan, sejumlah pengurus PMI Kabupaten Jember ikut naik ke Dusun Tegalbatu bersama tim PMI Kabupaten Jember.  Antara lain sekretaris PMI kabupaten Jember Zainollah,  Bendahara Alwan, Wakil Ketua Bidang Informasi Dan Komunikasi Edy Wicaksono dan Wakil Sekretaris Lilik Niamah. “Distribusi air meluas ke RT 2, 3, dan 4 RW 8 total 181 KK lingkungan Tegalbatu Kelurahan/ Kecamatan Patrang,” kata Zainollah saat di lokasi distribusi air bersih.

Para pengurus ikut memberikan motivasi kepada masyarakat yang sendang antre untuk mendapatkan air bersih. Para pengurus juga memberikan support kepada petugas PMI yang aktif distribusi air bersih. “Selama dibutuhkan maka PMI kabupaten Jember akan terus droping air bersih,” imbuh Zainollah.

Warga Lingkungan Tegalbatu Kelurahan/Kecamatan Patrang hampir setiap musim kemarau kesulitan air bersih. Mereka selalu mengandalkan droping air bersih dari pemerintah, baik dari BPBD atau dari PMI kabupaten Jember.  Jika kemarau panjang, dipastikan warga yang membutuhkan air bersih makin banyak dan air bersih yang perlu didistribusikan juga makin banyak.(edy/ziz)

Sumber: