Sangat Populer!  Lagu-Lagu Indonesia Ini Menyimpan Kisah Mistis

Sangat Populer!  Lagu-Lagu Indonesia Ini Menyimpan Kisah Mistis

Surabaya, memorandum.co.id - Lagu merupakan bentuk ungkapan karya alternatif selain dalam bentuk sastra puisi maupun cerita. Lagu biasanya diiringi dengan musik untuk menambah penekanan terhadap ungkapan hati si penulis. Lagu bisa menghadirkan kenyataan bagi para pendengarnya. Oleh karena itu, tak jarang para pendengar yang mengekspresikan dirinya lewat lagu. Namun bagaimana jika lagu-lagu tersebut memiliki kisah mistis? Beberapa lagu dipercaya memiliki unsur magis yang dapat mempengaruhi para pendengarnya. Unsur magis lagu tersebut biasanya berdasarkan pada latar belakang penulis yang mendapat gangguan-gangguan spiritual. Apa saja lagu-lagu Indonesia yang menyimpan kisah mistis? Simak daftar berikut!

  1. Sephia - Sheila On 7
Lagu ini terkenal dengan kisah misteri yang dirasakan oleh sang gitaris, Erros. Lagu Sephia berawal saat Erros mendapat telepon misterius dari penggemar yang bernama Sephia. Dirinya mengaku menelepon Erros dari telepon umum di depan rumah Erros, namun ketika dilihat tak ada siapa-siapa di sana.  Hanya gagang telepon yang melayang-layang. Beberapa hari setelah itu, Erros baru tahu bahwa Sephia sudah meninggal dunia beberapa bulan yang lalu karena kecelakaan saat ingin nonton konser Sheila On 7.  
  1. Ku Katakan Dengan Indah - Peterpan
Peterpan cukup membuat lagu ini booming dan diminati oleh para penggemarnya. Lagu Ku Katakan Dengan Indah cukup dikenal dan diterima para penggemarnya dan tak jarang menempati posisi teratas dalam tangga lagu pop. Bahkan hingga saat ini lagu ini masih kerap diputar dan dikenang oleh para penggemar band Peterpan. Lirik dan alunan musiknya tidak mencerminkan adanya sesuatu yang mistis atau aneh. Namun bila Anda mencoba mendengarkannya ketika Ariel, sang vokalis, menyanyikan lirik “Kukatakan dengan indah…” ada suara perempuan yang turut terekam. Meski telah melakukan re-take beberapa kali, suara tersebut tidak pernah hilang hingga akhirnya pihak produser serta Peterpan membiarkan rekaman tersebut dan merilisnya tanpa mengubah lagi. Konon yang menjadi kepercayaan adalah hal ini terjadi karena Peterpan melakukan rekaman di studio yang pernah digunakan oleh mendiang Nike Ardilla melakukan rekaman lagunya. Maka dari itu Ariel selalu mengarahkan mic kepada penonton ketika menyanyikan lagu ini terutama pada kalimat tersebut.  
  1. Resah - Payung Teduh
Lagu Payung Teduh berjudul Resah gak boleh dilewatkan. Punya lirik dan makna mendalam membuat lagu ini sangat populer. Namun ternyata kepopuleran itu juga dikarenakan lirik lagu Resah seperti tentang seseorang yang meninggal karena gantung diri. Pada Februari 2017 lalu, lewat video di Channel YouTube Kalaumood Project, Payung Teduh mengonfirmasi bahwa itu tidak benar. Jadi, cerita mistis ini hanya hasil persepsi dari pendengar saja.  
  1. Jauh (Tinggal Kenangan) - Caramel Band
Lagu ini pernah muncul di Youtube pada tahun 2007 dan diklaim oleh beberapa pihak, salah satunya adalah Caramel Band. Kisah misterius lagu ini terletak dalam pembuatannya, lirik, serta pengaruh pada pendengarnya. Lagu ini diceritakan diciptakan oleh seorang perempuan bernama Gaby yang cukup tertekan akibat kematian sang kekasih akibat kecelakaan lalu lintas. Sosok Gaby ini kemudian menciptakan lagu, menyanyikan, dan merekamnya. Cerita yang beredar, Gaby mengakhiri hidupnya setelah merekam lagu buatannya. Beberapa cerita yang diakui oleh para pendengarnya adalah adanya dorongan untuk segera mengakhiri hidup ketika mendengarkan lagu ini.  
  1. Menanti Kekasih - Alda Risma
Lagu ini kondang oleh penyanyi cantik mendiang Alda Risma – yang diketahui telah meninggal di sebuah hotel akibat overdosis. Hal yang menjadikan lagu ini mistis adalah lagu ini diketahui selesai direkam 3 hari sebelum Alda Risma ditemukan tewas. Padahal hasil otopsi menyatakan bahwa Alda Risma telah meninggal selama 7 hari ketika ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.  
  1. Hikoukigumo - JKT 48
Meskipun dibawakan dengan musik dan gerakan yang energik, siapa sangka bahwa lagu ini mempunyai kisah misteri sendiri. Lagu ini nampak menceritakan sepasang kekasih yang sedang berada di pesawat. Namun, pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan sehingga salah satu dari mereka meninggal dunia. Bahkan, ketika JKT48 membawakan lagu ini kerap membawa sapu tangan yang dilambai-lambaikan. Apakah kamu tahu maksud dari tanda tersebut? Beberapa dari misteri lagu tersebut ada yang berhasil dipecahkan. Namun, sisanya tetap sebagai misteri.   Itulah lagu-lagu yang menyimpan kisah mistis dibalik kepopulerannya. Bagaimana pendapatmu? (mg1/gus)

Sumber: