Lebih Baik Hindari, Dampak Sering Makan Tengah Malam

Lebih Baik Hindari, Dampak Sering Makan Tengah Malam

Surabaya, meorandum.co.id - Makan tengah malam biasanya dilakukan untuk menghilangkan rasa lapar agar tubuh mudah terlelap. Namun, bagi seseorang yang sering melakukan kebiasaan ini, rasanya perlu harap-harap cemas. Pasalnya, menurut beberapa penelitian makan tengah malam bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh. Di bawah ini ada sejumlah bahaya makan di malam hari untuk kesehatan :

  • Gula darah meningkat
Orang yang sering makan di tengah malam pun biasanya akan mengalami peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh yang nantinya dapat membuat energi mereka bisa berkurang. Melonjaknya kadar insulin dan glukosa pun dapat meningkatkan risiko diabetes.
  • Bertambahnya berat badan
Mungkin kamu kerap kali bertanya, apakah mengkonsumsi makanan di malam hari bisa membuat gemuk? Jawabannya iya. Berdasarkan studi yang dilakukan di University of Pennsylvania, Amerika Serikat, makan malam bisa berbahaya karena meningkatkan risiko naiknya berat badan.
  • Mengubah nafsu makan
Tubuh kamu mempunyai hormon yang bernama leptin dan ghrelin. Hormon ghrelin berfungsi untuk memberi tahu kapan kamu harus makan atau memunculkan rasa lapar. Sedangkan hormon leptin, mempunyai tanggung jawab membuat kamu merasa kenyang. Orang yang terbiasa makan ketika siang hari, maka puncak hormon ghrelinnya biasanya terjadi pada siang hari juga. Begitu pula dengan produksi leptin, yang bisa mencapai pada puncaknya pada sore maupun malam hari.
  • Memicu peradangan
Bahaya dari makan tengah malam berikutnya yaitu bisa memicu peradangan. Menurut sebuah studi, makan tengah malam dapat meningkatkan risiko peradangan pada tubuh.
  • Daya ingat menurun
Dampak dari makan tengah malam pun dapat dirasakan oleh otak. Pada sebuah riset pada hewan uji, makan di tengah malam ternyata dapat mengumpulkan sejumlah fungsi otak sehingga membuat kemampuan mengingat dan belajar menjadi menurun.
  • Naiknya asam lambung
Hubungannya dengan makan tengah malam dan asam lambung ada di waktu pencernaan. Apabila tidak terdapat jeda antara waktu tidur dan makan tengah malam, tubuhmu bisa kesulitan untuk mencerna makanan saat seharusnya tubuh sedang ada pada keadaan istirahat.
  • Mendorong sindrom makan pada tengah malam
Night eating syndrome atau sindrom makan pada tengah malam. Ini adalah gangguan makan yang terjadi bersama dengan kesulitan tidur. (*/rdh)

Sumber: