Energi Pengasih, Weton ini Didamping Khodam Eyang Semar

Energi Pengasih, Weton ini Didamping Khodam Eyang Semar

Surabaya, memorandum.co.id - Berdasarkan Primbon Jawa, Weton Jawa dihitung dengan menggabungkan hari dalam seminggu dengan lima hari pasaran Jawa. Hari dalam seminggu adalah Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sementara hari pasaran Jawa ada lima, yaitu Pahing, Wage, Kliwon, Pon dan Legi. Khodam Eyang Semar adalah Khodam dengan sosok seorang Kyai berbadan gemuk, selalu mengenakan selendang putih dan sarung batik hitam putih seperti Hanuman.

  • Minggu Wage
Minggu Wage selalu berusaha menjadi lebih unggul dari orang lain yang ada disekitarnya, ia juga terbilang sebagai orang yang teliti, cerdas dan luas wawasannya. Selain itu, mereka juga orang setia, penurut, dan memiliki kewibawaan, pekerja keras.
  • Sabtu Kliwon
Sifat dan karakter orang Sabtu Kliwon yaitu ramah, sopan dan mudah terkesan oleh sesuatu, serta memiliki bakat dalam berbicara dan menulis dan dia tetap mempunyai welas asih meskipun kepada musuh ataupun orang yang membencinya.
  • Sabtu Legi
Weton ini berada pada naungan lintang begoong. Energi dari lintang begoong ini membuat orang Sabtu Legi mempunyai jiwa ksatria, dan banyak disegani oleh lingkungan masyarakat
  • Jum'at Kliwon
Weton ini berada pada naungan lintang udang dan energi lintang udang membentuk karakter weton Jumat Kliwon sebagai orang yang murah hati, welas asih, memiliki kesabaran dan halus pembawaannya.
  • Rabu Pahing
Pemilik weton Rabu Pahing adalah orang yang murah hati, suka menolong, namun sekaligus memiliki kewaspadaan yang tinggi. Dia mempunyai hati yang mampu menjadi pengayom dan pelindung sekaligus
  • Rabu Legi
Rabu Legi juga adalah orang yang setia kepada teman, perbuatan dan kata-katanya bijaksana sehingga dikagumi dan membuat simpati banyak orang. Meskipun terkadang hatinya keras dan mudah tersinggung, namun mudah untuk merasa iba dan kasihan.
  • Rabu Pon
Rabu Pon adalah seorang pendiam, sederhana dan polos, namun dia mempunyai kharisma dan wibawa besar, dan mampu menjadi sosok pemimpin yang melindungi dan mengayomi bawahannya.
  • Selasa Wage
Selasa Wage mampu menjadi pengayom dan membuat orang yang berada disekitarnya merasa tenang, dia banyak disukai orang karena sifatnya yang sabar dan pemaaf. (*/Rdh)

Sumber: