Kontingen PMI Unej Sabet 6 Penghargaan

Kontingen PMI Unej Sabet 6 Penghargaan

Jember, memorandum.co.id - Unit Kegiatan mahasiswa (UKM) Korp Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI)  Universitas Negeri Jember  (Unej) meraih penghargaan berbagai bidang dalam Volunteer Week and Youth Competition di Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 12-15 Desember 2019.

Volunteer Week and Youth Competition diadakan dalam skala nasional dan melibatkan KSR dari berbagai universitas. Sejumlah 600 peserta dari 52 kontingen PMR Wira dan 18 kontingen KSR mengikuti kompetisi ini.

Panitia lomba Volunteer Week 7, menggelar berbagai jenis katagori perlombaan. Yakni desain filtrasi air, pemetaan pengurangan risiko bencana, pertolongan pertama korban banyak (PPKB), LKTI, dan infografis kepalangmerahan serta profil PMR.

Pembina Unit KSR PMI  Unej, N. Ari Subagio, mengatakan perolehan dua kontingen yang dipersembahkan untuk Jember yakni juara 1 lomba Infografis kepalangmerahan atas nama Agung Nur Ro'uf Daffa, juara 2 lomba karya tulis ilmiah atas nama Ana Miftahul Janah dan Sulistyorini.

Dan juara 3 lomba karya tulis ilmiah atas nama Khoirum Misbahul Ummah dan M. Najib Habibi. Juara harapan 3 lomba desain filtrasi air atas nama Laili Rizki Wahyuni. Juara umum ketiga untuk KSR PMI Unit Unek kontingen A. Juara umum kelima untuk KSR PMI unit Unej kontingen B

“Kompetisi ini menjadi salah satu media berproses dan penyaluran kreativitas anak-anak kami. Anak-anak pun sangat antusias dalam pelatihan, dengan perolehan penghargaan ini bisa lebih semangat untuk berlatih” tutur  Ari Subagio Selasa (17/12)

Penghargaan bukanlah tujuan utama kiprah mereka. Keinginan untuk bisa menolong sesama adalah kepuasan batin yang tidak bisa dinilai dengan apapun.

"Penghargaan yang diterima ini, menjadi cambuk untuk terus berkiprah dan semakain banyak lagi bisa berbuat untuk menolong sesama, "kata  Ari Subagio

Pembina teknis  Elvana Kusdijanto, M.SI menambahkan, KSR PMI Unit Unej dibentuk pada 12 September 1993. Segudang prestasi yang pernah diraih oleh peleton KSR Unit Unej NVRCC 2016 (Universitas Negeri Semarang). Juara 3 lomba desain WASH dan Shelthes dan WJPN 2017 (UIN Walisongo Semarang). Peringkat umum ke 5 serta juara harapan 2 lomba TTG, di Unicovs 2018 (Universitas Negeri Yogyakarta).

Ketua PMI Cabang Kabupaten Jember H. Zaenal Marzuki mengatakan, Berbagai program pelatihan rutin yakni pelatihan pertolongan pertama, assesment, restoring family link (RFL) dan WATSAN, TDB (tanggap darurat bencana), dapur umum, serta PSP (pcycology support), maupun pelatihan jurnalistik dan kehumasan,  kepalangmerahan dan organisasi/kepemimpinan.

KSR PMI Jember memiliki 11 KSR binaan di seluruh perguruan tinggi di Jember diantaranya, KSR PMI unit Markas, KSR PMI unit Unej, KSR PMI unit Unmuh, KSR PMI unit IAIN, KSR PMI unit STIE Mandala, KSR PMI unit IKIP PGRI, KSR PMI unit Stikes dr. Soebandi Jember, KSR PMI unit POLIJE, KSR PMI unit IAI Al qodiri, dan KSR PMI unit Polkesma, serta KSR PMI unit STIA Pembangunan.

Keaktifan dalam melaksanakan pembinaan kepada PMR binaan inilah yang membuat KRS PMI cabang Jember bisa berbuat dan menjadi contoh KSR PMI yang lain. (edy/udi)

Sumber: