Segudang Manfaat Susu Kambing Etawa yang Jarang Diketahui

Segudang Manfaat Susu Kambing Etawa yang Jarang Diketahui

Surabaya, memorandum.co.id - Susu kambing etawa adalah susu yang berasal dari kambing jenis Jamunapari atau Jamnapari. Disebut sebagai kambing etawa karena kambing ini awalnya berasal dari distrik Etawah di Uttar Pradesh, sebuah negara bagian di India. Sebagai penghasil susu, kambing etawa banyak dipelihara untuk diperah. Selain itu, daging kambing juga bisa dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa manfaat susu kambing etawa :

  • Mendukung tumbuh kembang anak
Asupan protein yang cukup sangat penting bagi anak-anak, terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Protein dibutuhkan untuk membentuk sel dan jaringan tubuh, menjaga daya tahan tubuh, dan sebagai sumber energi. Terpenuhinya kebutuhan tubuh anak akan protein, termasuk dengan memberikan susu kambing etawa, dinilai efektif dalam mencegah stunting. Meski demikian, susu kambing etawa tidak boleh diberikan pada anak yang belum berusia 1 tahun.
  • Mendukung pertumbuhan tulang
Susu kambing etawa kaya akan kalsium dan fosfor. Kedua mineral tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Pada masa kanak-kanak, kalsium berperan sebagai fondasi kekuatan tulang di kemudian hari. Anak-anak yang kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dengan baik akan memiliki tubuh yang tinggi, serta tulang yang sehat dan kuat pada saat dewasa. Sementara itu, untuk orang dewasa, kalsium penting untuk mencegah osteoporosis. Kalsium juga dibutuhkan tubuh untuk pembekuan darah, kontraksi otot, pengaturan denyut jantung, dan fungsi saraf yang normal.
  • Membantu menjaga kadar kolestrol
Susu kambing etawa mengandung lemak jenuh yang lebih rendah daripada susu sapi. Dalam takaran 200 mililiter, susu sapi mengandung 7 gram lemak, sedangkan susu kambing etawa hanya mengandung 5 gram lemak. Oleh karena itu, susu kambing dapat menjadi pilihan bagi penderita kolestrol tinggi. Sebuah studi bahkan mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu kambing dapat menurunkan kadar kolestrol di pembuluh darah dan kantung empedu.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
Banyak orang yang minum susu kambing etawa karena percaya akan manfaat susu kambing etawa dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Rupanya, hal tersebut ada alasannya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu kambing, termasuk susu kambing etawa, dapat meningkatkan produksi imunoglobulin di dalam tubuh. Imunoglobulin adalah protein yang diproduksi oleh sel dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri, virus, jamur, dan penyebab penyakit lainnya.
  • Meningkatkan fungsi pencernaan
Susu kambing etawa juga lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada susu sapi. Susu kambing etawa bahkan dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Manfaat ini diperoleh dari kandungan prebiotik yang lebih tinggi dalam susu kambing etawa daripada susu sapi. Jenis prebiotik yang terdapat dalam susu kambing etawa sama dengan prebiotik yang ditemukan dalam ASI. Prebiotik ini berfungsi untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan bayi.
  • Mencegah risiko terjadinya serangan jantung
Selain kaya akan nutrisi, susu kambing etawa juga baik untuk kesehatan jantung. Manfaat susu kambing etawa ini berasal dari kandungan CLA (conjugated linoleic acid) yang merupakan jenis asam lemak omega-6. Penelitan mengemukakan bahwa mengonsumsi CLA dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, termasuk mencegah risiko terjadinya serangan jantung.
  • Mencegah katarak
Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin A dalam susu kambing etawa yang cukup tinggi. Dalam 200 mililiter atau segelas susu kambing etawa terdapat sekitar 76 mikrogram vitamin A. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin A, kesehatan mata pun bisa terjaga, bahkan bisa mencegah katarak. Akan tetapi, sebagian orang mungkin tidak tahan dengan aroma amis dari susu kambing. Anda bisa mencoba menambahkan jahe ke dalam susu kambing etawa agar susu tidak berbau amis dan lebih nikmat disantap. (*/Rdh)

Sumber: