Rahasia dan Keutamaan Membaca Basmalah, Salah Satunya Menjadi Tameng Diri

Rahasia dan Keutamaan Membaca Basmalah, Salah Satunya Menjadi Tameng Diri

Surabaya, Memorandum.co.id - Muslim dianjurkan untuk memulai segala sesuatu pekerjaan dengan membaca basmalah. Ada banyak keutamaan dengan membaca basmalah dalam mengawali segala pekerjaan. Berikut keutamaan nya antara lain.

Keutamaan Basmalah Terdapat sejumlah keistimewaan di balik bacaan 'Bismillahirrahmanirrahim', antara lain.

1. Disunnahkan untuk Mengawali Setiap Amal Perbuatan Mengutip Tafsir Al-Mishbah Jilid 1, seseorang yang memulai kegiatannya dengan nama Allah SWT atau Basmalah, maka yang ia kerjakan itu akan menjadi baik. Atau paling tidak, pengucapnya itu akan terjauh dari hawa nafsu, dorongan ambisi atau kepentingan pribadi, sehingga yang dilakukannya tak akan merugikan orang lain. Bahkan dikatakan bakal membawa manfaat bagi dirinya, masyarakat, lingkungan serta lainnya.

Rasul SAW bersabda: "Setiap perbuatan yang penting yang tidak dimulai dengan 'Bismillahirramanirrahim' maka perbuatan tersebut terputus (cacat)." (HR as-Suyuthi dalam al-Jami' ash-Shaghir, [menurutnya disebut oleh Abdul Qadir ar-Rahawi yang menyatakan bahwa perawinya dari sahabat Nabi adalah Abu Hurairah])

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah, ia berkata, "Ketika diturunkan 'Bismillahirramanirrahim' kegelapan awan berpindah ke timur, angin menjadi tenang, lautan berombak, para binatang mendengarkan dengan telinganya, para setan dilempari dari arah langit, dan Allah SWT berjanji bahwasanya tidaklah nama-Nya disebut diawal perkara yang baik melainkan Dia akan memberikannya keberkahan."

2. Melindungi dari Gangguan Setan Lafal Basmalah juga mampu melindungi kegiatan, diri sendiri, maupun orang lain dari godaan setan yang terkutuk. Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Nabi SAW menuturkan:

"Seandainya seseorang di antara kalian apabila hendak mencampuri istrinya, membaca, 'Dengan nama Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau anugerahkan kepada kami.' Jika Allah menakdirkan anak melalui hubungan keduanya, maka anak itu tidak akan diganggu setan selamanya." (HR Bukhari & Muslim)

3. Menjadi Tameng Diri Ibnu Mas'ud mengatakan, "Barangsiapa yang ingin diberikan keselamatan oleh Allah dari para Malaikat Zabaniyah (malaikat Jahannam) yang berjumlah 19, maka hendaklah ia membaca, "Bismillahirrahmanirrahim", maka Allah akan menjadikan setiap hurufnya sebagai tameng dari setiap malaikat tersebut."

4. Merupakan Salah Satu Nama Allah SWT Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwasanya Utsman bin Affan bertanya kepada Rasulullah SAW tentang Basmalah. Beliau pun menjawab, "Ia adalah nama dari nama-nama Allah. Tidaklah jarak antara ia dengan nama Allah yang paling agung kecuali antara hitam dan putihnya sebuah mata." (Hadits Shahih)

5. Pengamalnya akan Masuk Surga Nabi SAW dalam riwayat Abu Hurairah, "Sesungguhnya Allah mempunyai 99 (sembilan puluh sembilan) nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang dapat menguasainya, maka ia akan masuk Surga." (HR Bukhari & Muslim)

6. Mengobati Penyakit Rasulullah SAW bersabda, "Wahai Khatib, gunakanlah pengobatan dan gerakkanlah Al Qolam (pena) dan awali tulisanmu dengan huruf Ba' dan Sin dan bukakanlah huruf Mim dan jelaskanlah lafaz Allah dan wujudkanlah rahman dan rahim. Karena sesungguhnya, seorang pria dari Bani Israil telah menuliskan lafaz Basmalah itu dengan begitu indahnya, maka Allah berkenan mengampuni dosa-dosa daripadanya." Kemudian, beliau juga bersabda, "Di dalam air zam-zam terdapat kesembuhan dan obat untuk berbagai penyakit." (HR Ibnu Majah). (*/Rdh)

Sumber: