5 Doa Agar Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

5 Doa Agar Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Surabaya, Memorandum.co.id - Doa dalam arti memanggil Allah dalam rangka mengajukan permohonan kepada-Nya, begitu penting bagi seorang muslim. Doa merupakan tanda bahwa seseorang membutuhkan Allah dalam kehidupannya. Selain itu, doa merupakan media untuk mendekatkan diri kepada-Nya atau menjadi wasilah untuk mengungkapkan rasa sedih dan duka perasaan yang paling mendalam dan perjalanan batin, di waktu sekarang dan mendatang. Berikut doa agar diberi keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT

  • Doa Selamat dari Bahaya
Agar terlindung dari marabahaya, berikut merupakan doa selamat dari bahaya yang sering dibacakan oleh Rasulullah SAW berikut ini. بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ Bismillahilladzi laa yadhurru ma'asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa' wa huwas samii'ul 'aliim. Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)."
  • Doa Selamat dalam Perjalanan
Sebelum berpergian, dianjurkan untuk membaca doa selamat dalam perjalanan agar terhindar dari marabahaya. الحَمْدُ للهِ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ Alhamdulillahilladzi sakhkhara lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina, wa inna ila rabbina lamunqalibuna. Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kita. Padahal kamu sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami."
  • Doa Selamat dari Fitnah
Berikut ini adalah doa selamat dari fitnah فَقَالُوْا عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْنَا ۚرَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ Rabbana la taj'alnaa fitnatan lil qaumi dzolimin wa najina birohmatika minal qoumil kaafiriyn Artinya: "Ya Tuhan kami janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang'zalim. Dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari orang-orang kafir."
  • Doa Selamat dari Kedengkian
Perasaan dengki adalah sifat buruk yang hendaknya dijauhi. Berikut ini adalah doa agar terhindar dari sifat dengki. رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ Rab banagfir lanaa wali ikwaa ninal lazina sabaquunaa bil imaani wa laa tajal fi quluubinaa gilal lil lazina aamanu rab banaa in naka rauufur rahim Artinya: "Artinya: Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan dosadosa saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."
  • Doa Selamat dari Penyakit
Berikut adalah doa agar selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ Allohumma Innii A'uudzu Bika Min Zawaali Ni'matik, Wa Tahawulli 'Aafiyatik, Wa FuJaa'ati Niqmatik, Wa Jamii'i Sakhothik Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku ini berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat yang telah Engaku berikan, dari ubahnya kesehatan yang Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, serta dari segala murka-Mu." (*/Rdh)

Sumber: