Sosialisasikan Aplikasi Phinnisi, Pelindo Sub Regional Jawa Undang Agen Pelayaran

Sosialisasikan Aplikasi Phinnisi, Pelindo Sub Regional Jawa Undang Agen Pelayaran

Surabaya, memorandum.co.id - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Jawa mengundang 62 agen pelayaran pengguna jasa dari berbagai wilayah di Surabaya untuk menyosialisasikan fitur terbaru dari aplikasi Phinnisi yang telah dimutakhirkan di ruang rapat Tanjung Emas Kantor Pelindo Sub Regional Jawa. Dengan berpegang pada komitmen agar terus melakukan inovasi dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi, khususnya bidang pelayanan jasa kepelabuhanan agar terus dapat memberikan kemudahan para pengguna jasa, salah satunya dengan aplikasi Phinnisi. Plh CEO Pelindo Sub Regional Jawa Johanes Wahyu Hertanto dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pemutakhiran aplikasi Phinnisi ini merupakan bentuk penyempurnaan dari aplikasi versi sebelumnya. Aplikasi ini berfungsi untuk mengakomodir sistem perencanaan, pencatatan, dan administrasi kapal. Selain itu, aplikasi ini berguna sebagai standarisasi proses bisnis pelayanan kapal di seluruh pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo mencakup jasa tambat, pandu, air kapal, tunda, dan lain-lain. “Aplikasi phinnisi akan mempermudah pengguna jasa untuk melakukan monitoring kegiatan secara realtime, selain itu tagihan dan pembayaran akan lebih efisien dan mudah langsung dari aplikasi sehingga bisa diaplikasikan oleh pengguna baru,” imbuhnya. Adapun berbagai fitur yang ditambahkan pada pemutakhiran ini di antaranya Authentication: penambahan fitur user registration secara mandiri oleh pengguna jasa, Ordering: Pengajuan PKK (Non Inaportnet), Monitoring proses permohonan lebih informatif dan detail, sudah terakomodir semua jenis/metode pembayaran. Integrasi dan RPKRO TUKS dari Inaportnet, Billing and Payment: Penambahan fitur verifikasi persetujuan pranota (Pre-invoice) oleh pengguna jasa secara mandiri maupun otomatis, penambahan fitur “Billing Claim” pada pranota jika terdapat data realisasi maupun perhitungan yang salah. Dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari tersebut pihak pengguna jasa juga diberi kesempatan untuk Live Trial bersama-sama. Hal tersebut di lakukan agar seluruh peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut memahami secara menyeluruh tentang pemutakhiran aplikasi Phinnisi tersebut. Saat ini aplikasi Phinnisi telah mencapai tahap penggunaan menggantikan aplikasi terdahulu yakni Anjungan. Sebelumnya aplikasi ini telah melalui 3 tahapan di antaranya start implementation, development, dan testing dan sudah diimplementasikan di seluruh Pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia. (lis)

Sumber: