Penemuan Arca Disimpan  Balai Desa Sawuh

Penemuan Arca Disimpan  Balai Desa Sawuh

Ponorogo, memorandum.co.id - Warga Dukuh Putuk, Desa Sawuh, Kecamatan Siman,  Ponorogo menemukan arca di lahan milik Mbah Mirah.

Warga yang menemukan arca tersebut adalah Bringgil (penggarap lahan milik Mbah Mirah), pada saat membajak sawah yang akan ditanami  padi  berkali-kali mata bajaknya terasa menabrak batu yang menyebabkan mata bajaknya rusak/bengkok. Bringil berusaha mencari benda keras tersebut namun tidak menemukan.

Bringgil   berusaha mencari dengan melakukan penggalian di tempat yang telah ditandai. Setelah penggalian dengan kedalaman sekitar 30 cm, Bringgil menemukan batu-batu bata merah ukuran besar dan potongan arca tanpa kepala.

Selanjutnya  atas penemuan tersebut dilaporkan kepada Siswanto selaku Kepala Desa Sawuh  dan diteruskan ke Polsek Siman. Selanjutnya arca tersebut akan dilaporkan ke Dinas Pariwisata Ponorogo dan ke  Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto.

Untuk keamanan sementara benda penemuan tersebut saat ini diamankan di ruang tertutup Balai Desa Sawuh  sambil menunggu ahli purbakala dari Balai Pelestarian Cagar Budaya   Mojokerto.

Sementaran itu Kasat Intel AKP Susuworo membenarkan penemuan tersebut. " Kami sudah mengecek di lapangan," kata dia.(ji/mt/udi)

Sumber: