Cara-cara Memasangkan Set Top Box Sesuai dengan Jenis TV

Cara-cara Memasangkan Set Top Box Sesuai dengan Jenis TV

Jakarta, memorandum.co.id - Set top box kini sudah menjadi perangkat wajib bagi kamu untuk menonton tayangan TV. Kenapa begitu, sebab kini semua stasiun TV di negara kita sudah menutup tayangannya di saluran TV yang biasanya. Sebagai gantinya, seluruh stasiun TV tersebut beralih ke saluran TV digital. Tak perlu bingung. Set top box mudah didapatkan. Kamu bisa mencarinya secara online dengan mengetikkan kata kunci Set Top Box Bogor, Set Top Box Bandung, Set Top Box Jakarta, atau Set Top Box lainnya sesuai dengan kotanya. Dalam sekejap, kamu akan mendapatkan tempat membelinya secara online yang tokonya dekat dengan rumahmu. Kamu bahkan bisa membelinya langsung ke toko tersebut secara offline.   Cara Memasang Set Top Box Tak perlu khawatir juga, memasang set top box sangatlah mudah. Di paket pembelian set top box, biasanya ada buku manual atau guide book yang bisa kamu baca untuk mengetahui cara memasangnya. Ingin lebih cepat, buka saja Google. Di sana kamu akan dengan cepat mendapatkan cara memasang set top box yang benar. Termasuk di tulisan ini. Cara mudah memasang set top box yang sesuai dengan jenis TV-nya. Akan kamu dapatkan.  

  1. Cara Pasang Set Top Box ke TV Tabung
TV yang ada di rumahmu merupakan jenis TV tabung jadul? Jika ya, tak usah menggantinya dengan TV digital yang baru. TV tabung juga bisa digunakan untuk menonton siaran TV digital. Caranya ya dengan menambahkan set top box. Berikut ini adalah uraian mengenai cara-cara memasang set top box ke TV tabung.
  1. Hal yang pertama, siapkan set top box beserta TV analognya.
  2. Jangan lupa, pastikan set top box yang kamu dibeli merupakan set top box jenis DVB-T2. Set top box jenis ini sudah mendukung sambungan antena ke jenis TV analog jenis TV tabung.
  3. Kemudian, pastikan pula TV analogmu sudah mati. Tombol power dalam posisi off.
  4. Lalu, pastikan juga kabel antena yang mungkin masih terpasang pada TV analogmu dicabut.
  5. Setelah itu, sambungkan kabel antena ke bagian port yang ada tulisan "ANT IN". Posisi tulisan ini persis di sebelah bagian punggung set top box.
  6. Selanjutnya, sambungkan bagian kabel HDMI yang posisinya ada di bagian port set top box ke TV analogmu.
  7. Apabila TV analogmu tidak support sambungan HDMI, kamu bisa menyiasatinya dengan menyambungkannya pada kabel AV, kabel yang bagian ujungnya ada 3 buah konektor. Ujung yang satu berwarna merah, sedang dua ujung lainnya berwarna putih dan kuning.
  8. Pastikan bagian set top box-nya apakah sudah terhubung dengan sumber daya atau belum.
  9. Kemudian nyalakan set top box serta TV analognya.
  10. Dari layar TV, coba kamu masuk ke menu setting. Lalu klik bagian mode tampilan AV.
  11. Jika menu set top box sudah terlihat, pilih pencarian saluran.
  12. Setelah itu daftar salurannya akan muncul. Klik opsi simpan. Setelah semuanya beres, di mana semua saluran yang bisa ditangkap TV-mu sudah semua disimpan, kamu tinggal pilih saluran mana yang ingin kamu tonton, sebab TV analogmu sudah berubah jadi TV digital.
  Nah itu cara-cara dalam memasang set top box ke TV analog jenis TV tabung. Berikut di bawah ini adalah cara-cara memasang set top box untuk TV digital.
  1. Sediakan semua keperluan yang ada, baik itu set top box dan peralatannya serta TV digitalnya.
  2. Pastikan untuk mengecek kelengkapan paket bawaan yang ada di dalam kotak set top box yang kamu beli. Pada umumnya, isinya meliputi remote, adaptor, kabel RCA (kabel dengan ujung sebanyak 3 buah yang masing-masing ujung tersebut berbeda warna, merah, kuning, serta putih), lalu kartu garansi, serta buku panduan atau buku manualnya.
  3. Pertama-tama, pindahkan bagian kabel antena yang awalnya terpasang dari TV menuju ke perangkat set top box.
  4. Lalu pasangkan bagian kabel RCA dari TV menuju set top box.
  5. Kemudian nyalakan TV serta set top box-nya.
  6. Masuklah ke menu pengaturan di layar TV. Pilih bagian HDMI. Atau bila di TV-mu tidak ada menu tersebut, pilih bagian menu AV yang tersedia.
  7. Kemudian pilih pencarian saluran TV. Otomatis, dengan memilih menu pencarian saluran TV, TV-mua akan mendeteksi berbagai jenis siaran TV digital. Tak hanya dari stasiun TV lokal, nasional, hingga internasional juga bisa ditangkap TV digitalmu.
  8. Pemasangan set top box selesai dilakukan. Tayangan siaran TV digital pun siap untuk dinikmati.
  Bagaimana, mudah bukan cara memasang set top box TV digital? Nah berikut ini adalah cara memasang set top box ke TV analog jenis LED.
  1. Siapkan semua peralatan yang diperlukan, yaitu set top bo beserta TV LED-mu.
  2. Jangan lupa, set top box yang dibeli merupakan set topb box tipe DVB-T2. Produk set top box ini sudah mendukung sambungan antena ke TV analog.
  3. Jika semua oke, sambungkan bagian kabel antena yang ada ke set top box.
  4. Lalu, nyalakan TV analogmu serta set top box-nya.
  5. Pilih mode AV yang tertera di layar TV analogmu.
  6. Pilih setting dan pilih HDMI, atau AV.
  7. Lakukan Pencarian Saluran. Pilih lagi bagian Pencarian Otomatis. Setelah dapat, simpan. Begitu seterusnya.
  8. Setelah dirasa semuanya sudah didapat, tayangan TV digital dari berbagai stasiun TV pun siap dinikmati di TV LED milikmu.
Itu dia cara-cara memasang set top box pada TV analogmu. Mudah sekali jika semua perlengkapannya tersedia. Bagaimana, perlengkapan set top box-mu sudah lengkap? Jika tidak, ada baiknya kamu membeli set top box-nya di tempat terpercaya, seperti Shopee. Tak hanya memberikan produk yang bagus dan lengkap, belanja di Shopee juga bisa menggunakan pengiriman instan. Jadinya kamu bisa menerima set top box-mu dengan cepat dalam waktu 2 Jam saja setelah kamu check out. Dan malah, kamu bahkan bisa menikmati promo Gratis Ongkir s/d 50 rb. Ayo tunggu apa lagi, buruan beli set top box untuk TV analogmu sekarang juga di Shopee. Barangnya berkualitas, harganya terjangkau, pengirimannya pun bisa instan. Belanja di Shopee aman dan nyaman! (gus)

Sumber: