Menteri PAN-RB Apresiasi Kinerja Polres Malang, Beri Penghargaan Pelayanan Prima

Menteri PAN-RB Apresiasi Kinerja Polres Malang, Beri Penghargaan Pelayanan Prima

Jakarta, Memorandum.co.id - Polres Malang mendapatkan penghargaan pelayanan publik dengan kategori "Pelayanan Prima" yang langsung diberikan oleh Menpan RB Tjahyo Kumolo kepada Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, MSi, di Hotel Holiday Inn Jakarta, Rabu (20/11/2019). Dari sebanyak 207 jajaran Polres seluruh Indonesia Polres Malang merupakan salah satu peraih nilai tertinggi diantara 6 Polres yang berhasil mendapatkan kategori "Pelayanan Prima" yang merupakan nilai tertinggi dari hasil evaluasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kementerian PAN-RB RI. Deputi Bidang Pelayanan Publik Prof Dr Diah Natalisa MBA menyampaikan evaluasi pelayanan publik dilaksanakan pada 207 Polrestro /Polrestabes / Polresta / Polres dalam kurun waktu April - Oktober 2019. Evaluasi ini selain turun langsung ke lapangan juga dilaksanakan secara online melalalui aplikasi SIPP.menpan.go.id/webcontrol. Adapun instrumen index pelayanan publik meliputi aspek Kebijakan Pelayanan; Profesionalisme SDM; Sarpras; SIPP; konsultasi dan pengaduan; serta inovasi. Tujuan penilaian diharapkan menjadi percontohan bagi Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dan Instansi Pemerintah lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan Mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat. Terdapat 14 item komponen standar pelayanan yang dinilai. Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengatakan tugas utama Kemen PAN RB salah satunya adalah meningkatkan pelayanan publik pada pemerintahan. “Dan polisi adalah pelayan publik sehingga Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan bagian dari pemerintahan yang harus menungkatkan pelayanan publik kepada masyarakat,” katanya. Polri dengan Promoternya telah mampu memberikan hasil yang cukup bagus dalam memberikan pelayanan publik ini perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan. Sesuai tuntutan zaman maka pelayanan itu harus cepat, adil dan siap menerima sorotan dari masyarakat yang dilayani, kunci keberhasilannya adalah kepercayaan masyarakat dalam pelayanan publik. Polri diharapkan bisa mewujudkan visi Presiden RI 2019-2024 untuk mewujudkan SDM yang unggul dan Upaya mempercepat reformasi birokrasi maka Polri harus Responsif dan cepat dalam pelayanan publik dengan berbagai inovasinya sehingga bisa terwujud dan berhasil. Penghargaan yang diraih Polres Malang ini merupakan penghargaan ketiga kalinya yang sebelumnya diperoleh tahun 2017 dan 2018 dengan nilai A- (Sangat Baik) dan Untuk tahun 2019, meningkat menjadi A (Pelayanan Prima). Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menyampaikan prestasi ini diharapkan dapat memacu semangat dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat. “Ini menjadi motivasi bagi kami untuk memberikan yang terbaik pada masyarakat,” sebutnya. (*/ari/gus)

Sumber: