Manfaat Sayur Sawi untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Sayur Sawi untuk Kesehatan Tubuh

Surabaya, Memorandum.co.id - Sayuran sawi punya beragam warna daun, tetapi lebih sering ditemui adalah berdaun hijau dan putih. Jenis sayuran ini bisa dikatakan sebagai salah satu makanan super karena memiliki kandungan gizi yang begitu tinggi.

Menikmati sayur sawi juga terbilang sangat mudah, memasak menjadi tumisan, sayuran berkuah, digoreng, menjadi campuran, atau bahkan diolah dengan cara diasinkan. Mau dikonsumsi dingin maupun hangat, sayuran ini juga tetap menawarkan kelezatan yang tidak tergantikan.

Tak berbeda dengan sayuran lainnya. sawi memiliki kandungan serat, vitamin, fitonutrien, dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat sayuran sawi untuk kesehatan tubuh.

Mengurangi risiko penyakit jantung, kandungan mineral seperti kalium dikenal mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Menurunkan Kolesterol, sawi juga memiliki senyawa yang berperan dalam mengikat empedu pada sistem pencernaan. Hal ini sangatlah penting karena bisa mencegah terjadinya reabsorbsi asam empedu dan berkaitan langsung dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah.

Meringankan Gangguan Pernapasan, sawi memiliki banyak vitamin dan mineral yang efektif dalam memerangi infeksi virus seperti pilek dan flu. Kandungan vitamin C pada sayuran ini juga diklaim mampu membantu meredakan peradangan karena sinus dan mengurangi risiko terserang penyakit asma. (Rdh)

Sumber: