Makanan Sehat Untuk Paru-Paru dan Saluran Pernapasan

Makanan Sehat Untuk Paru-Paru dan Saluran Pernapasan

Surabaya, Memorandum.co.id Kesehatan paru-paru perlu dijaga demi kelangsungan hidup. Selain menghindari paparan polusi, makanan sehat juga penting untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Paru-paru menjadi salah satu organ penting yang dimiliki tubuh. Berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi darah, paru-paru bertugas untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Tanpa paru-paru yang sehat, tubuh akan menjadi rapuh.

Berikut beberapa makanan terbaik untuk menjaga paru-paru tetap sehat.

Salah satu rempah yang bisa dijadikan sebagai pilihan makanan pembersih paru-paru adalah kunyit. Kunyit diketahui mengandung senyawa kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Senyawa tersebut dipercaya dapat mendukung kesehatan paru-paru.

Daging labu yang berwarna kuning cerah ternyata mengandung berbagai senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Ia sangat kaya akan senyawa karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

Konsumsi apel secara teratur dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Konsumsi lima atau lebih apel per pekan dapat menurunkan risiko PPOK. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada apel juga diketahui dapat menurunkan risiko asma dan kanker paru-paru.

Tomat menjadi salah satu makanan yang bisa meningkatkan kesehatan paru-paru. Konsumsi tomat telah terbukti dapat mengurangi peradangan di saluran napas pada penderita asma.

Brokoli kaya akan kandungan vitamin C, karotenoid, folat, dan fitokimia yang melawan elemen-elemen yang merusak paru-paru. Brokoli disebut memiliki kandungan L-sulforaphane, yang dapat menjadi agen anti-inflamasi, yang selanjutnya bisa melindungi tubuh dari peradangan.

Jahe Tidak hanya bersifat anti-inflamasi, tapi jahe juga bisa mendetoksifikasi sekaligus mengeliminasi polutan yang memenuhi paru-paru.Jahe juga membantu mengatasi penyumbatan saluran udara dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru. (Rdh)

Sumber: