Khasiat Temu Ireng Untuk Kesehatan

Khasiat Temu Ireng Untuk Kesehatan

Surabaya, Memorandum.co.id Temu ireng merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah terkenal di Indonesia. Khasiat dari tanaman temu ireng ini sudah dijadikan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit

Sebagai bahan baku jamu tradisional, temu ireng mengandung antioksidan dan minyak atsiri. Temu ireng juga mengandung flavonoid, saponin, kurkuminoid, alkaloid, dan minyak atsiri.

Berkat antioksidan dan efek baik yang dimiliki temu ireng, tanaman ini diyakini berkhasiat untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat temu ireng bagi kesehatan.

Salah satu manfaat temu ireng yang bermanfaat untuk kesehatan yaitu mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi pada temu ireng berperan sebagai detoksifikasi yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Mengonsumsi ekstrak temu ireng atau menggunakan minyak esensial dari temu ireng bisa menjadi antiradang untuk mengatasi radang usus. Penyakit ini kerap kali menimbulkan gejala nyeri perut, diare kronis, dan perut kembung.

Selanjutnya yakni minyak esensial dari ekstrak temu ireng bisa mencegah tubuh dari infeksi bakteri karena memiliki efek antibakteri. Misalnya, dari bakteri Staphylococcus aureus yang sering menyebabkan penyakit infeksi kulit.

Tanaman temu ireng mengandung depuratif yang mampu detoksifikasi tubuh. Depuratif ini merupakan pembersih darah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi temu ireng diyakini dapat menjaga kesehatan dan membersihkan sirkulasi darah. (Rdh)

Sumber: