Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Surabaya, Memorandum.co.id Lidah buaya adalah tanaman sering dijumpai di lingkungan masyarakat serta dikenal dengan sebagai tanaman hias.

Bahkan tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit, seperti rematik, diabetes, kanker, maag, hepatitis, dan sebagainya.

Selain itu, tanaman lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko stres dan kecanduan. Hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung nutrisi yang cukup tinggi bagi tubuh manusia.

Berikut khasiat lidah buaya.

Dapat membantu mengatasi kulit kering. Di dalam lidah buaya terkandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap.

Gel atau krim lidah buaya ke kulit dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan.

Lidah buaya berpotensi menjadi obat diabetes karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak lidah buaya setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes.

Meski demikian, penggunaannya harus berhati-hati karena jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, glukosa darah dapat turun dalam jumlah yang tinggi sehingga malah bisa membahayakan kesehatan

Dari penjelasan diatas tentang khasita lidah buaya, terdapat juga efek samping dari tanaman ini yakni, Untuk penggunaan luar, lidah buaya umumnya aman. Namun, tetap waspadai risiko terjadinya alergi dan pastikan produk yang digunakan telah mendapat izin BPOM.

Tetap berhati-hati bila ingin memanfaatkan lidah buaya sebagai pengobatan alternatif atau pengobatan tambahan di samping obat dokter. Jika memiliki kondisi medis tertentu,  komsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan produk atau obat herbal yang mengandung lidah buaya. (Rdh)

Sumber: