Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Surabaya, Memorandum.co.id

Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Umumnya, tanaman ini memiliki kulit yang berwarna kuning muda

Tumbuhan ini biasanya banyak tumbuh di padang alang-alang dan tanah-tanah kering. Namun sekarang temulawak banyak dibudidayakan sebagai tanaman herbal rumah.

Berikut manfaat tumbuhan herbal sebagai kesehatan :

Mengatasi gangguan pencernaan, berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, dispepsia, dan gangguan pencernaan lainnya dapat diatasi dengan temulawak

Khasiat temulawak lainnya adalah berpotensi membantu pasien yang mengalami osteoartritis. Osteoartritis adalah penyakit sendi degeneratif, di mana sendi-sendi menjadi terasa sakit dan kaku.

Manfaat temulawak lainnya yaitu sebagai obat diuretik alami. Diuretik merupakan zat yang membantu membersihkan tubuh dari garam (natrium) dan air, sehingga tak terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh.

Tanaman ini juga mengandung berbagai senyawa antibakteri dan antijamur. Kandungan antibakteri dalam bahan herbal ini memiliki manfaat terutama cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella.

Selanjutnya yakni temulawak mengandung senyawa antiradang yang berpotensi untuk menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. (rdh)

Sumber: