Putri Tidur Terbakar, Asap Pekat Selimuti Desa Sidodadi

Putri Tidur Terbakar, Asap Pekat Selimuti Desa Sidodadi

MALANG - Kebakaran hutan terjadi di Gunung Kawi, tepatnya di Desa Bendosari dan Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Minggu (20/10).

Wakil Administrasi Perhutani Malang, Dedi Sopandi, membenarkan kebakaran hutan yang terjadi di areal Perhutani.

"Kebakaran terjadi di Blok Pusung Dowo Desa Sukomulyo dan blok Wonosari Desa Bendosari masuk RPH Pujon Selatan BKPH Pujon,"terang Dedi.

Diduga kebakaran hutan terjadi karena cuaca panas musim kemarau, akibatnya sekitar lima hektar hutan milik Perhutani di areal Gunung Kawi atau biasa dikenal Puteri Tidur, terbakar.

"Ada lima hektar hutan yang terbakar, dan api saat ini masih menyala. Kondisi medan yang berkontur jurang terjal, dan kondisi angin yang bertiup kencang, menyulitkan upaya pemadaman,"jelas Dedi.

Dampak dari kebakaran hutan yang diperkirakan terjadi pada pukul 12.00, terasa hinga ke Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Desa yang berjarak 3 kilometer dari lokasi kebakaran sempat diselimuti asap tebal.

"Pukul 14.00 saya melihat asap sudah sangat pekat, seperti senja hari saja. Masyarakat pun sempat heboh dengan asap yang menyesakan dada ini,"keluh Heffi Sonia, warga Desa Sidodadi.

Namun menjelang sore hari, asap pekat di Desa Sidodadi sudah mulai menghilang. "Kebetulan angin berhembus kencang, sehinga asap perlahan menipis, jarak pandang pun sudah semakin jauh,"pungkas perempuan yang juga relawan SIBAT PMI Kab Malang. (cr-4/epe/udi)

Sumber: