Sepuluh Satker Jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim Raih Predikat WBK/WBBM 2021
Surabaya, memorandum.co.id - Prestasi di bidang reformasi birokrasi kembali diraih jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim. Tahun ini, korps baju biru langit itu mengantarkan sepuluh Satker meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/ WBBM). Sehingga, sejak mengikuti kontestasi sejak 2018, saat ini sudah ada 20 dari 64 Satker yang meraih predikat bergengsi di bidang reformasi birokrasi itu. Dari kesepuluh satker itu delapan di antaranya meraih predikat WBK. Yaitu Lapas I Surabaya, Bapas I Surabaya, Bapas I Malang dan Lapas IIB Pasuruan. Juga Lapas IIB Mojokerto, Kanim II Non TPI Ponorogo, Rupbasan I Surabaya dan Rupbasan II Probolinggo. Sedangkan dua satker lainnya yaitu Kantor Wilayah Jawa Timur dan Kanim I TPI Tanjung Perak berhasil meraih predikat WBBM. "Alhamdulillah, selain sebagai pembina, Kanwil Kemenkumham Jatim juga sukses sebagai pelaksana dan meraih predikat WBBM," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono usai mengikuti acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/ WBBM 2021 oleh KemenPAN-RB, Senin (20/12). Krismono menjelaskan, secara nasional ada 4.402 satker dari seluruh kementerian/ lembaga, instansi dan pemerintah daerah yang mengikuti kontestasi pembangunan zona integritas. Dari jumlah itu, 558 satker berhasil meraih predikat WBK/ WBBM. Untuk Kemenkumham berhasil mengantarkan 55 satker meraih predikat WBK/ WBBM. "Dari Jawa Timur ada 10 satker, ini terbanyak secara nasional," urai Krismono. Pria asal Yogyakarta itu menerangkan bahwa capaian ini tak lepas dari kerja keras jajarannya. Termasuk juga dukungan dari masyarakat sebagai pengguna layanan dan stakeholder terkait. "Terima kasih atas dukungan, terutama masyarakat yang merasakan langsung pelayanan yang kami berikan," terangnya. Perjuangan Kanim Tanjung Perak mendapatkan predikat WBBM diraih secara tidak mudah. Setelah menerima anugerah predikat WBK pada tahun 2019, baru pada tahun ini Kanim Tanjung Perak dapat memperoleh predikat WBBM. Mengusung slogan Kanim Tanjung Perak MANTAP (Melayani Tanpa Pamrih), Kanim Tanjung Perak berkomitmen memberikan pelayanan yang lebih dari prima yaitu pelayanan berbasis kepedulian (care) kepada masyarakat. Peningkatan kualitas pelayanan keimigrasian dapat dirasakan oleh masyarakat melalui 10 inovasi yang dicanangkan. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, Indra Bangsawan menghimbau segenap jajaran untuk bersyukur atas pencapaian ini dan tetap semangat dalam mempertahankan mindset inovatif walaupun sudah berhasil mendapatkan predikat WBBM. "Ke depan, kami akan menghadirkan inovasi pengawasan keberadaan orang asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak" pungkas Indra. (mik)
Sumber: